Kompas.com - 02/09/2021, 16:27 WIB
Menurut survei, 72 persen responden di Indonesia mengaku mengalami kecemasan selama pandemi, sedangkan 23 persen melaporkan merasa tidak bahagia. KOMPAS.COM/KRISTIANTO PURNOMOMenurut survei, 72 persen responden di Indonesia mengaku mengalami kecemasan selama pandemi, sedangkan 23 persen melaporkan merasa tidak bahagia.

KOMPAS.com - Pandemi Covid-19 memberikan dampak buruk pada kondisi kesehatan mental masyarakat Indonesia.

Hal ini disimpulkan dari penelitian yang dilakukan kepada 3.686 responden dari 33 provinsi di Indonesia. Riset dilakukan oleh Aulia Iskandarsyah, M.Psi, pakar psikologi medis dari Universitas Padjajaran.

Hasilnya, 72 persen partisipan mengaku mengalami kecemasan sedangkan 23 persen melaporkan merasa tidak bahagia.

Gejala kecemasan yang dilaporkan termasuk kekhawatiran bahwa sesuatu yang buruk akan terjadi, khawatir yang berlebihan, mudah marah dan kesal, serta adanya perasaaan sulit untuk rileks.

Analisis regresi berganda menemukan hal tersebut berkaitan dengan jumlah dan frekuensi pencarian informasi yang berkaitan dengan Covid-19.

Baca juga: Pandemi Memicu Gejala Depresi dan Kecemasan pada Anak

Sedangkan, informasi tentang pengobatan dan skrining, perilaku pencegahan kesehatan yang dilakukan dan latihan fisik secara teratur, terkait pada tingkat kecemasan yang lebih rendah.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Tingkat kebahagiaan yang rendah terjadi karena jumlah dan frekuensi pencarian informasi serta keharusan untuk melakukan physical distancing.

Di sisi lain, tingkat kebahagiaan meningkat karena kaitannya dengan perilaku pencegahan kesehatan yang dilakukan dan latihan fisik secara teratur.

Riset ini juga menyatakan orang dengan status pekerjaan buruh dan kondisi sosial ekonomi rendah berisiko lebih tinggi mengalami kecemasan dan tingkat kebahagiaan yang lebih rendah.

Pada orang-orang tersebut, gejala depresi yang dilaporkan misalnya saja masalah tidur, kurangnya kepercayaan diri, kelelahan, dan kehilangan minat.

Baca juga: 12 Cara agar Lebih Bahagia Setiap Pagi

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.