Kompas.com - 03/09/2021, 09:56 WIB
Terlalu banyak minum kopi dapat memunculkan sejumlah gejala. PEXELS/BURSTTerlalu banyak minum kopi dapat memunculkan sejumlah gejala.
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com – Tidak sedikit orang yang hobi menyeruput secangkir kopi untuk memulai harinya.

Memang, minum kopi di pagi hari memberi sugesti agar kita dapat terus terjaga, bersemangat, dan siap menjalani aktivitas.

Dan faktanya, kopi pagi bukan hanya sekadar memberi sugesti, tapi benar-benar dapat membantu kita menjalani hari secara lebih aktif.

Menurut Nina Riggins MD, PhD, direktur Headache and Traumatic Brain Injury Center di University of California San Diego, meminum kopi di pagi hari dapat meningkatkan kewaspadaan, konsentrasi, dan suasana hati.

Selain itu, kopi juga memiliki efek antioksidan dan anti-inflamasi yang berguna bagi tubuh.

Lalu, sebuah ulasan di Archives of Medical Science pada April 2017 menyebutkan bahwa meminum kopi rutin dapat menurunkan risiko neurodegenerative, seperti penyakit Alzheimer dan Parkinson.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Namun, semua manfaat ini hanya bisa kita dapatkan jika meminum kopi dengan cara yang benar. Jika caranya salah, kopi dapat membahayakan kesehatan otak.

Berikut ini, ada deretan kesalahan yang sering dilakukan pecinta kopi yang wajib diketahui.

1. Minum terlalu banyak

Meski meminum kopi rutin dapat menjaga kesehatan otak, sebenarnya meminum kopi berlebihan memiliki banyak dampak negatif.

Halaman:


Sumber Livestrong
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.