Kompas.com - 04/09/2021, 08:10 WIB

KOMPAS.com – Apakah kamu merasa sulit tidur saat pandemi Covid-19? Bisa jadi kamu menderita coronasomia. Kondisi ini ternyata banyak dialami masyarakat.

Coronasomia adalah kondisi sulit tidur akibat stres yang berhubungan dengan pandemi Covid-19. Terkadang, meski kita berhasil tidur, mimpi yang kita lihat pun sangat intens dan melelahkan, menambah stres.

Kondisi yang juga disebut coronasomia ini memang sedikit berbeda dari gangguan tidur lainnya. Sebab, bukan hanya virus yang dipikirkan, melainkan semua yang berubah akibat pandemi, seperti kesepian, masalah ekonomi, waktu kerja, sekolah, atau pola asuh anak.

Jika dibiarkan, coronasomia bisa berbahaya. Misalnya, dapat membuat kekebalan tubuh menurun karena kurang tidur serta perubahan mood dan emosi.

Selain itu, kurang tidur kronis juga dapat membuat masalah metabolisme dan kardiovaskular semakin buruk, darah tinggi, diabetes, dan menyebabkan berat badan meningkat.

Baca juga: Insomnia Saat Jalani Isoman, Coba Lakukan Tips Ini

Lantas, bagaimana menanganinya?

Untuk mencari tahu jawabannya, simak paparan yang dilansir dari Cleveland Clinic, berikut ini.

Mengapa bisa terjadi?

Seperti sudah disebutkan sebelumnya, gangguan tidur ini disebabkan oleh meningkatnya stres dan kecemasan yang dibawa pandemi.

“Aktivitas normal kita terganggu, memberi dampak negatif bagi banyak orang,” ujar psikolog perilaku tidur Michelle Drerup.

Pandemi yang tak kunjung berakhir juga membuat orang-orang mulai lelah, belum lagi harus terkurung di rumah karena isolasi mandiri dan social distancing.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.