Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

7 Cincin Pertunangan Bangsawan Inggris, Mewah Sekaligus Sarat Makna

Kompas.com - 04/09/2021, 13:26 WIB
Sekar Langit Nariswari,
Lusia Kus Anna

Tim Redaksi

Sumber Brides

KOMPAS.com - Penampilan para bangsawan wanita Kerajaan Inggris memang selalu menarik perhatian termasuk cincin pertunangannya.

Dalan tradisi barat, cincin pertunangan biasanya jauh lebih mencolok dibandingkan cincin kawin. Baik dari segi desain maupun permata yang dipakai sebagai matanya, cincin pertunangan juga jauh lebih feminin.

Tak heran jika cincin pertunangan para bangsawan Inggris jelas amat istimewa sekaligus mewah. Perhiasan yang menandai momen penting dalam kehidupan pribadi mereka itu tentunya dirancang khusus sesuai karakter pemakainya.

Simak berbagai cincin yang didapatkan para bangsawan Inggris ini ketika dilamar oleh pasangannya.

Baca juga: 5 Fakta yang Jarang Diketahui soal Cincin Pertunangan Putri Diana

  • Putri Beatrice

Pada tahun 2019 lalu, cucu Ratu Elizabeth ini dilamar dengan cincin yang didesain langsung oleh suaminya, Edoardo Mapelli Mozzi. Pria tersebut merancangnya bersama dengan desain perhiasan ternama Inggris, Shaun Leane.

"Saya percaya cincin custom harus merupakan perpaduan antara desainer dan emosi, kenangan, dan detail kolektor," terang Leane, dikutip dari laman Town&Country.

Permukaan lingkaran cincin tersebit dihias penuh dengan berlian kecil yang berkilauan. Pada bagian matanya, digunakan batu berlian besar berpotongan rumit yang diapit dua permata serupa yang lebih kecil.

Baca juga: Cincin Pertunangan Kate Middleton Dinobatkan sebagai Cincin Paling Populer di Dunia

Desain awal cincin pertunangan Meghan (kiri) dan desain terbaru cincin pertunangan Meghan (kanan) Desain awal cincin pertunangan Meghan (kiri) dan desain terbaru cincin pertunangan Meghan (kanan)

Wanita bergelar Duchess of Sussex ini mendapatkan cincin istimewa berupa tiga mata berlian yang dideretkan sebagai matanya.

Batu pertama utamanya, yang tengah, merupakan berlian tiga karat berpotongan banyak yang berasal dari Botswana. Sedangkan dua berlian yang mengapitnya, yang ukurannya lebih kecil, merupakan koleksi lama milik mendiang Putri Diana.

Dikabarkan, desain ini diminta khusus oleh Pangeran Harry untuk memastikan calon istrinya itu dekat dengan sosok ibunya meski tak pernah berjumpa langsung.

Baca juga: Yuk, Simak Tips Pilih Cincin Pertunangan dan Pernikahan yang Tepat

Adik Ratu Elizabeth yang terkenal rebel, Putri Margaret pernah bertunangan beberapa kali dengan pria yang berbeda. Namun cincinya yang paling dikenal merupakan pemberian Antony Armstrong-Jones, fotografer yang kemudian menjadi suaminya.

Cincin tersebut bermata ruby yang dikelilingi oleh berlian dengan desain yang khusus dirancang agar terlihat seperti kuntum mawar. Rupanya, ini dipesan khusus oleh Anthony sesuai dengan nama tengah calon istrinya itu yakni Rose. 

  • Ratu Elizabeth

Pertunangan Ratu Elizabeth dengan Pangeran Philip tahun 1947 ditandai dengan cincin bermata berlian besar berukuran tiga karat. Permata itu kemudian diapit dengan 10 berlian kecil di bagian sisinya.

Pemata tersebut diambil dari tiara milik Putri Alice dari Yunani, ibu Philip, yang merupakan pemberian Tsar Nicholas II dan Tsarina Alexandra.

Meskipun terlahir sebagai bangsawan Yunani, keluarga Philip tidak terlalu kaya jika dibandingkan Kerajaan Inggris. Putri Alice kemudian merelakan tiaranya sebagai hadiah pernikahan untuk dibongkar menjadi cincin.

Halaman:
Sumber Brides
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com