Kompas.com - 05/09/2021, 17:42 WIB
Ilustrasi kulit wajah berjerawat. FREEPIKIlustrasi kulit wajah berjerawat.
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Entah itu jerawat besar, jerawat kronis, atau pun jerawat kecil, semuanya pasti bukan hal yang menyenangkan, apalagi jika menyangkut masalah penampilan.

Tentu saja, meskipun kita dapat mengobati kulit bermasalah dengan berbagai cara, tetap saja yang terbaik adalah dengan melakukan pencegahan.

Dengan kata lain, jika kita dapat mengetahui apa yang menyebabkan jerawat kita muncul, maka kita dapat mengatasi akar masalahnya dan dapat mencegah munculnya jerawat sejak awal.

Tentu saja ada penyebab umum seperti hormon, kulit yang terlalu berminyak, tidur dengan riasan, kadang-kadang bahkan genetika. Tetapi ada juga beberapa penyebab lainnya.

Nah, berikut ini adalah penyebab kita mengalami breakout, kondisi di mana kulit kita berjerawat.

1. Produk perawatan rambut yang kita gunakan

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Bukan hanya perawatan kulit saja yang bisa bermasalah. Banyak produk untuk rambut yang sarat dengan bahan-bahan yang dapat menyumbat pori-pori, terutama kondisioner dan produk penataan rambut yang dapat mengandung silikon berat, minyak, dan lilin.

Jika kita berjerawat di sekitar garis rambut atau di dada dan punggung, ini bisa menjadi tanda bahwa perawatan rambut adalah masalahnya. 

Untuk itu, kita perlu memililih produk perawatan rambut berlabel non-komedogenik bila memungkinkan, dan pastikan untuk mencuci tubuh kita setelah keramas untuk memastikan kita benar-benar menghilangkan residu yang tersisa.

Baca juga: 11 Penyebab Jerawat dan Cara Mengatasinya

2. Ponsel 

Halaman:


Sumber Glam
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.