Kompas.com - 06/09/2021, 10:16 WIB
Kunyit dibedakan menjadi beberapa jenis, yakni kunyit kuning/merah, kunyit hitam, dan kunyit putih. SHUTTERSTOCK/NATTHAPOL SIRIDECHKunyit dibedakan menjadi beberapa jenis, yakni kunyit kuning/merah, kunyit hitam, dan kunyit putih.

KOMPAS.com - Kunyit adalah salah satu rempah dan tanaman obat yang umum ditemukan di sekitar kita.

Berdasarkan warnanya, kunyit dibedakan menjadi beberapa jenis, yaitu kunyit kuning atau merah,kunyit hitam, dan kunyit putih.

Menurut buku Tanaman Potensial Berkhasiat Obat yang ditulis oleh Dr Suharman SP, MSi (2020), kunyit kuning atau merah umumnya digunakan sebagai bumbu masakan dan sering dijumpai di dapur.

Setiap jenis kunyit memiliki khasiat dan manfaat yang berbeda-beda. Manfaat kunyit putih, misalnya, salah satunya adalah untuk membantu penyembuhan kanker, sementara manfaat kunyit hitam adalah mengobati penyakit kusta dan menjadi campuran untuk bahan-bahan obat demam berdarah.

Baca juga: 6 Tanaman Obat dan Manfaatnya, Bantu Jaga Imun di Masa Pandemi

Kandungan kunyit

Menurut buku Health Secret of Turmeric (Kunyit) yang ditulis oleh Pangkalan Ide (2011), kunyit mengandung kurkumin, yaitu suatu zat antibakteri yang dapat merangsang dinding kantong empedu untuk berkontraksi mengeluarkan empedu sehingga pencernaan lebih semputna.

Selain itu, kunyit juga mengandung minyak atsiri yang berkhasiat mencegah keluarnya asam lambung berlebih dan mengurangi peristaltik usus yang terlalu kuat.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Rimpang kunyit juga mengandung zat lain, seperti minyak volatil, kurkumin, damar, gom, pati, lemak, protein kalsium, fosfor, besi, hingga vitamin C.

Salah satu cara mengonsumsi kunyit adalah menjadikannya minuman kunyit asam. Untuk membuatnya, kita bisa mengolahnya bersama asam jawa, gula kelapa, dan air.

Kunyit sebagai salah satu jenis tanaman obat tak hanya bermanfaat sebagai penyedap masakan, tetapi juga memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan.FREEPIK Kunyit sebagai salah satu jenis tanaman obat tak hanya bermanfaat sebagai penyedap masakan, tetapi juga memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan.
Manfaat kunyit

Kunyit sebagai salah satu jenis tanaman obat tak hanya bermanfaat sebagai penyedap masakan, tetapi juga memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan.

Kunyit merupakan salah satu penyembuh alami yang paling kuat.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.