Kompas.com - 06/09/2021, 11:12 WIB
Infertilitas sekunder adalah kegagalan pasangan suami istri untuk kembali mendapatkan kehamilan setelah sudah memiliki anak sebelumnya.
UNSPLASH/DREW HAYSInfertilitas sekunder adalah kegagalan pasangan suami istri untuk kembali mendapatkan kehamilan setelah sudah memiliki anak sebelumnya.

KOMPAS.com - Kesuburan menjadi faktor penting yang menentukan apakah pasangan suami istri dapat memiliki keturunan. Namun, riwayat kehamilan dan persalinan sebelumnya ternyata tak selalu membuat peluang kehamilan berikutnya lebih mudah.

Tak jarang, pasangan suami istri yang ingin kembali memiliki anak tak kunjung mendapatkannya meski sudah berhubungan intim secara rutin. Itu mungkin disebabkan kareana infertilitas sekunder.

Infertilitas sekunder adalah kegagalan pasangan suami istri untuk kembali mendapatkan kehamilan setelah sudah memiliki anak sebelumnya.

Menurut Dokter Spesialis Kebidanan dan Kandungan Konsultan Fertilitas, Endokrinologi, dan Reproduksi dari RS Pondok Indah IVF Centre, dr Upik Anggraheni, SpOH-KFER, penyebab infertilitas sekunder sering kali berkaitan dengan bertambahnya usia yang memengaruhi kuantitas dan kualitas sel telur dan sperma.

Namun, penting untuk diketahui bahwa penyebab infertilitas sekunder tak hanya dikarenakan satu pihak saja, tapi pihak suami dan istri.

"Penyebab infertilitas sekunder ini bukan hanya salah satu pihak (wanita atau pria) saja, tetapi keduanya. Faktor penyebab infertilitas sekunder dapat berasal dari wanita, pria, ataupun kombinasi keduanya."

Demikian diungkapkan Upik melalui keterangan tertulis yang diterima Kompas.com.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Sekilas tentang Program Bayi Tabung, Proses dan Biaya yang Diperlukan

Riwayat kehamilan dan persalinan sebelumnya ternyata tak selalu membuat peluang kehamilan berikutnya lebih mudah.PEXELS/KRISTINA PAUKSHTITE Riwayat kehamilan dan persalinan sebelumnya ternyata tak selalu membuat peluang kehamilan berikutnya lebih mudah.
Lebih lanjut, kemungkinan penyebab infertilitas sekunder antara lain:

  • Usia
  • Infeksi.
  • Lingkungan.
  • Genetik.
  • Nutrisi.
  • Stres.

Menurut Upik, faktor usia adalah salah satu faktor penyebab infertilitas sekunder yang tidak bisa dikendalikan.

Usia 35 tahun pada wanita adalah titik di mana cadangan ovarium mulai menurun secara cepat sampai dengan usia 45 tahun. Usia tersebut merupakan batas usia dilakukannya program IVF (bayi tabung) dengan sel telur milik sendiri.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.