Kompas.com - 06/09/2021, 13:16 WIB

KOMPAS.com – Minum air yang cukup diperlukan agar fungsi tubuh berjalan dengan baik dan terhindar dari dehidrasi. Namun, ada yang perlu diperhatikan: jangan sampai minum berlebihan.

Pasalnya, kita bisa mengalami overhidrasi yang sama berbahayanya dengan dehidrasi.

Meminum terlalu banyak air juga dapat membuat kita keracunan air atau hyponatremia yang menyebabkan kadar natrium rendah yang tidak normal dalam aliran darah.

Lalu dalam kasus yang parah, keracunan air dapat menyebabkan masalah kesehatan yang berbahaya seperti kejang, koma, dan bahkan kematian.

Untuk itu, kita perlu memahami tanda-tanda kelebihan minum air, seperti tanda berikut ini.

Baca juga: Hati-hati, Kebanyakan Minum Bisa Memicu Hiponatremia

1. Tidak pernah pergi tanpa botol minum

Jika selalu membawa botol minum dan langsung mengisinya saat isinya berkurang bisa menjadi tanda-tanda terlalu banyak minum.

Terlalu sering minum dapat membuat kadar natrium dalam darah menjadi rendah dan membuat semua sel dalam tubuh membengkak, termasuk otak.

"Otak hanya bisa membengkak sekitar 8 sampai 10 persen sebelum mencapai tengkorak dan mendorong batang otak Anda keluar," ujar Tamara Hew-Butler, profesor ilmu olahraga di Universitas Oakland di Rochester.

2. Minum banyak meski tidak haus

Cara terbaik untuk mengetahui apakah tubuh membutuhkan air atau tidak adalah ketika kita merasa haus.

Menurut Hew-Butler, tubuh manusia memang telah diprogram untuk melawan dehidrasi, ditandakan dengan beberapa peringatan, salah satunya, rasa haus.

“Rasa haus adalah monitor yang membuat semua orang tahu bahwa mereka memerlukan air. Makin banyak air yang dibutuhkan, rasa haus akan semakin besar,” ujarnya.

Baca juga: Kurang Minum Picu Munculnya Jerawat, Benarkah?

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.