Kompas.com - 06/09/2021, 15:22 WIB
perasaan insecure membuat seseorang mengalami kecemasan tentang tujuan-tujuan dalam hidup, hubungan, hingga kemampuan untuk mengatasi situasi tertentu.
PEXELS/KAT JAYNEperasaan insecure membuat seseorang mengalami kecemasan tentang tujuan-tujuan dalam hidup, hubungan, hingga kemampuan untuk mengatasi situasi tertentu.

KOMPAS.com - Istilah "insecure" cukup sering kita dengar dalam perbincangan sehari-hari. Namun, masih ada sebagian dari kita yang belum memahami apa itu insecure dan bagaimana cara mengatasinya.

Insecure bisa terjadi pada banyak situasi di kehidupan kita, baik kehidupan sehari-hari, pekerjaan, hingga hubungan asmara.

Beberapa orang juga merasa insecure tentang citra dirinya, misalnya terhadap bentuk tubuh mereka yang dianggap tidak ideal.

Apa itu insecure?

Insecure adalah perasaan tidak mampu atau tidak cukup baik yang sering kali membuat kita berada pada situasi ketidakpastian.

Menurut WebMD, perasaan insecure membuat seseorang mengalami kecemasan tentang tujuan-tujuan dalam hidup, hubungan, hingga kemampuan untuk mengatasi situasi tertentu.

Setiap orang pernah memiliki perasaan insecure dari waktu ke waktu dan penyebab insecure bisa bermacam-macam.

Penyebab insecure bisa datang dari kejadian yang menimbulkan trauma, pengalaman masa lalu, kondisi sosial (dari mengobservasi orang lain), hingga lingkungan sekitar, seperti sekolah, pekerjaan, hingga rumah.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Perasaan insecure juga bisa berasal dari ketidakstabilan secara umum.

Orang yang mengalami gangguan tak terduga dalam kehidupan sehari-hari lebih cenderung merasa insecure tentang sumber daya dan rutinitasnya.

Perasaan insecure tidak memiliki penyebab eksternal yang pasti. Ini bisa muncul sebagai kekhasan pribadi atau kimia otak.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.