Kompas.com - 06/09/2021, 16:50 WIB

KOMPAS.com - Salah satu cara menurunkan berat badan secara ampuh adalah dengan mengurangi total asupan kalori harian dan menyeimbangkannya dengan jumlah kalori keluar.

Tak hanya itu, waktu makan juga menjadi pertimbangan penting ketika ingin menurunkan berat badan.

Lalu, jam berapa makan malam untuk diet?

Makan malam untuk diet

Melansir Eat This! Not That, makan dalam porsi besar sebelum tidur dapat merusak siklus tidur kita.

Jadi, penting untuk mengatur waktu makan malam sesuai dengan rencana untuk menghindari potensi mengganggu tidur malam yang nyenyak.

Menurut ahli gizi dari Greene Health, Sydney Greene, MS, RD, selesaikan makan malam dan makanan penutup apapun setidaknya dua hingga tiga jam sebelum tidur.

"Bagi banyak orang dengan hari kerja yang sibuk, jadwal ini mungkin terdengar tidak realistis. Jadi, boleh untuk menetapkan setidaknya satu jam bebas makan sebelum tidur," ujarnya.

Penelitian menunjukkan, orang-orang yang menjaga jarak dua hingga tiga jam antara waktu makan dan tidur memiliki penurunan risiko kanker, resistensi insulin, dan peradangan.

Ahli gizi nutrisi performa, Cynthia Sass, RD, CSSD berpendapat sama. Pengecualiannya adalah jika kita adalah atlet atau sedang menjalani program latihan kekuatan dan mencoba membangun otot.

"Dalam hal ini, direkomendasikan mengonsumsi camilan kaya protein ringan sekitar satu jam sebelum tidur," ucap Sass.

Baca juga: Awas, Ini Bahayanya jika Sering Rebahan Setelah Makan

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.