Kompas.com - 06/09/2021, 17:55 WIB

KOMPAS.com - Merawat tanaman hias memang tidak selalu mudah. Ada kalanya, tanaman hias yang kita rawat mengalami gangguan.

Salah satu gangguan yang sering kali muncul adalah ketika batang tanaman terlihat "letoy", yang juga dikenal dengan istilah leggy atau kaki panjang.

Kondisi leggy  biasanya terjadi karena tanaman kurang mendapatkan energi yang cukup untuk bertahan hidup dari pencahayaan sinar matahari.

Baca juga: 4 Jenis Tanaman Hias yang Membantu Mengusir Alergi

Namun, kabar baiknya, kita tetap dapat memperbaiki kondisi leggy pada tanaman dengan mengikuti tips sebagai berikut.

Tips memperbaiki

Batang yang lemah, tipis, dan berkaki panjang adalah cara tanaman memberi tahu bahwa kita telah meletakkannya di tempat yang tidak mendapat cukup cahaya.

Tanaman yang berbeda memiliki kebutuhan cahaya yang berbeda, jadi penting untuk mengetahui dengan tepat berapa banyak cahaya yang dibutuhkan tanaman untuk pertumbuhan yang sehat.

Kemudian, kita dapat mencocokkan lokasinya dengan kecerahan yang dibutuhkan.

Mengetahui ke mana arah jendela menghadap juga akan membantu kita mengetahui jumlah cahaya yang bisa didapatkan tanaman.

Misalnya, tanaman sirih gading atau pothos tumbuh dengan baik dalam cahaya rendah dan akan tumbuh subur di jendela yang menghadap ke utara.

Baca juga: 8 Inspirasi Tanaman Hias Gantung untuk Mempercantik Rumah

Di sisi lain, geranium menuntut cahaya yang sangat terang dan akan meregang, serta menjadi kurus jika ditempatkan di arah jendela yang menuju ke bagian utara.

Halaman:


Video Pilihan

Sumber BHG
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.