Kompas.com - 06/09/2021, 19:34 WIB

KOMPAS.com - Media sosial diramaikan dengan kabar soal forum diskusi yang membahas berbagai rumor miring para publik figur.

Wadah percakapan digital itu disebut sarat dengan ujaran kebencian, bullying, dan berbagai kometar brutal lainnya dari penggunanya.

Pergunjingan ini dilakukan secara anonim dengan istilah maupun kata yang tergolong sulit dipahami.

Namun tetap saja tergambar jika forum tersebut berisikan berbagai komentar jahat yang tentunya menyakitkan hati bagi yang bersangkutan.

Sejumlah artis, selebgram dan orang lainnya sudah jadi korban pergibahan dunia maya itu. Nana Mirdad dan Rachel Venya, yang mengaku jadi korbannya, membongkar forum gosip itu dengan mengunggah tangkapan layar diskusi bermasalah itu via Instagram story.

Baca juga: Ramai Influencer Rachel Venya Di-bully di Forum Daring, Benarkah Sudah Risiko Figur Publik?

Sebenarnya adanya forum gosip underground ini bukan hal yang baru. Pola serupa juga bisa kita lihat saat kemunculan sejumlah akun Instagram gosip yang beberapa waktu pernah heboh, Lambe Turah misalnya.

Sepertinya, warganet memang cenderung gemar bergunjing di sela-sela aktivitas seluncurnya di internet.

Manusia memang suka bergosip

Firman Kurniawan, pakar komunikasi digital dari Universitas Indonesia memberikan pendapatnya soal kehebohan ini.

"Jauh sebelum media sosial, orang itu memang suka bergunjing, ibu-ibu di tukang sayur, bapak-bapak ngobrol di warung kopi," ujarnya pada Kompas.com, Senin (06/08/2021).

Ia mengatakan, pakar sejarah Yuval Noah Harari, penulis buku Homo Sapiens, juga punya pendapat yang mendukung hal tersebut.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.