Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kisah Gaun Kristen Stewart di Film "Spencer", Dibuat Selama 1.054 Jam

Kompas.com - 07/09/2021, 14:31 WIB
Sekar Langit Nariswari,
Lusia Kus Anna

Tim Redaksi

Sumber Vogue

KOMPAS.com - Kristen Stewart mengenakan gaun rumah mode Chanel untuk pemotretan poster film biopic Putri Diana, Spencer.

Koleksi Haute Couture itu sukses menarik perhatian publik karena desainnya merupakan salah satu aspek yang menambah kesan dramatis poster tersebut.

Dalam konten promosi itu, wajah Kristen dibenamkan di rok gaun mewahnya yang mengembang, menunjukkan posenya yang sedang bersedih. Gaun tersebut amat efektif memberikan isyarat soal plot utama film besutan Pablo Larraín ini.

Gaun malam tersebut masuk dalam koleksi Musim Semi/Musim Panas 1988 silam. Berwarna krem, dilengkapi dengan payet emas dan perak yang membentuk ranting bunga yang indah, gaun ini amat cocok dikenakan wanita yang anggun seperti Diana.

Baca juga: 5 Hal Soal Spencer, Film Biopik Terbaru Soal Perceraian Putri Diana

Bagian atasnya didesain dengan bustier yang membuatnya pas badan. Garis lehernya dibatasi oleh lipatan tulle berlipat halus yang ditonjolkan dengan manik-manik dan pita satin.

Selain itu, gaun itu dihiasi pula dengan lipatan satin berbentuk busur di bagian depannya. Sementara roknya yang jatuh di pinggul terdiri dari ribuan kerutan dan lipatan yang menambah kemegahannya.

Chanel rela buat ulang gaun

Spencer mengangkat cerita nyata dari kehidupan ibu dari Pangeran Harry ini. Oleh sebab itu, detail yang dipakai sangat penting, termasuk pula gaun yang dipakainya.

Demi kebutuhan syuting film ini, Chanel rela membuat ulang gaun tersebut dengan detail yang persis sama. 

Usahanya pun tak main-main, butuh waktu 1.054 jam untuk membuat gaun itu di rumah produksi brand Perancis ini. Sebanyak 700 jam dari seluruh waktu itu dipakai hanya untuk membuat bordiran gaun itu saja.

Baca juga: Intip Tampilan Kristen Stewart sebagai Putri Diana di Trailer Spencer

Selain itu, proses produksi ulang busana istimewa ini melibatkan banyak pihak sekaligus untuk mempertahankan kualitasnya.

Sulamannya dibuat oleh Maison Lesage, rumah bordir yang bergabung dengan Chanel Métiers d'art pada tahun 2002. Sedangkan untuk lipitannya guna menghasilkan volume yang indah, dikreasikan oleh Lognon, salah satu rekanan Chanel lainnya.

Busana ini diproduksi ulang oleh lima penjahit terbaik Chanel, dengan bantuan mesin maupun jahitan tangan.

Kerja keras itu sepertinya tidak sia-sia, terbukti Kristen Stewart tampil begitu anggun dan menawan dalam poster maupun cuplikasi film yang baru tayang di Venice Film Festival itu.

Gaun ini amat berperan dalam menggambarkan karakter Diana sebagai wanita modern, kuat dan sensitif pada saat yang sama.

Baca juga: Poster Dramatis Spencer, Tampilkan Kristen Stewart sebagai Putri Diana

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Vogue
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com