Kompas.com - 07/09/2021, 15:06 WIB
Kucing pun ternyata suka mendengarkan musik, hingga ada penelitian ilmiah yang digelar untuk hal ini. SHUTTERSTOCK Kucing pun ternyata suka mendengarkan musik, hingga ada penelitian ilmiah yang digelar untuk hal ini.

KOMPAS.com - Musik menjadi satu hal yang sangat diminati oleh banyak orang, baik untuk menghibur diri dari rasa stres maupun mengusir kejenuhan.

Namun tak hanya manusia saja, hewan seperti kucing ternyata juga suka mendengarkan musik.

Sebuah studi tahun 2015 yang dilakukan para peneliti di University of Wisconsin mengungkap, kucing menyukai musik yang diciptakan khusus untuk kucing.

Baca juga: Apa yang Terjadi bila Mulut Kucing Berliur?

Musik yang diciptakan para peneliti untuk kucing memiliki suara yang terdengar seperti dengkuran kucing, bersama frekuensi lain dengan nada dan tempo yang disukai kucing.

Ketika komposer David Teie mulai menciptakan musik untuk kucing untuk penelitian ini, para peneliti mempertimbangkan rentang vokal kucing satu oktaf lebih tinggi daripada manusia.

Suara lain yang mereka tambahkan ke musik tersebut adalah suara mengisap yang dibuat saat kucing sedang menyusui.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Untuk mengujinya, para peneliti memainkan dua sampel suara musik klasik dan dua sampel suara musik kucing.

Reaksi yang lebih positif seperti mendengkur dan bergesekan dengan speaker dicatat untuk musik kucing daripada musik manusia.

The Smithsonian Magazine menggambarkan musik kucing seperti lagu "Sigur Rós" lambat yang dimainkan di perut kucing yang mendengkur.

Baca juga: 5 Tips Mencegah Kucing Menggaruk Barang-barang di Rumah

Mereka juga mengatakan bahwa musik terbaik untuk kucing kemungkinan adalah musik yang menyerupai tempo dan frekuensi yang secara alami digunakan dalam komunikasi kucing.

Halaman:


Sumber Cuteness
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.