Kompas.com - 07/09/2021, 21:00 WIB
Menangis kerap dianggap sebagai hal yang mencerminkan kelemahan dan kerapuhan. Namun nyatanya, menangis bisa mendatangkan manfaat bagi kesehatan. PEXELS/LIZA SUMMERMenangis kerap dianggap sebagai hal yang mencerminkan kelemahan dan kerapuhan. Namun nyatanya, menangis bisa mendatangkan manfaat bagi kesehatan.

KOMPAS.com – Tidak sedikit orang yang menahan diri untuk tak menangis saat merasa sangat sedih, marah, atau terlalu bahagia.

Umumnya, ada ketakutan bakal dianggap lemah atau kekanak-kanakan, jika menangis.

Padahal, menangis itu wajar. Bahkan, menangis memiliki berbagai manfaat, seperti membuat diri lebih tenang atau pun meningkatkan mood.

Selain meningkatkan mood, masih ada setidaknya delapan manfaat lain dari menangis untuk kesehatan.

  • Detoksifikasi

Saat kita menangis, air mata akan keluar.

Air mata ini sebenarnya dibagi menjadi tiga jenis, yaitu air mata refleks, air mata terus menerus, dan air mata emosional, yang ketiganya memiliki fungsi berbeda.

Baca juga: Pahami, 5 Manfaat Menangis bagi Tubuh dan Pikiran

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Air mata refleks akan membersihkan kotoran seperti asap dan debu dari mata, sementara air mata terus menerus akan memasahi mata, dan melindunginya dari infeksi.

Nah, air mata emosional berisi hormon stres dan racun lainnya, membuat para peneliti menganggap menangis mengeluarkan hal-hal buruk ini dari sistem tubuh, meski masih diperlukan penelitian lebih lanjut.

  • Membuat diri lebih tenang

Para peneliti menemukan, menangis dapat mengaktifkan sistem saraf parasimpatis (PNS) yang membantu tubuh untuk beristirahat dan mencerna.

Kendati demikian, manfaatnya tidak langsung dan perlu beberapa menit untuk mengeluarkan air mata sebelum merasakan efek menenangkan tersebut.

Halaman:


Sumber Healthline
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.