Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ingin Hilangkan Komedo Hitam Gunakan Skincare dengan Kandungan Ini

Kompas.com - 08/09/2021, 07:28 WIB
Intan Pitaloka,
Lusia Kus Anna

Tim Redaksi

Sumber Glam

KOMPAS.com - Komedo hitam termasuk dalam masala kulit yang mengganggu penampilan karena titik-titik hitam kecil bisa membuat warna kulit tidak rata dan permukaan kulit kasar.

Komedo pada dasarnya adalah jerawat akibat penyumbatan pori-pori kulit oleh kotoran, minyak, dan sel kulit mati.

"Tidak seperti whiteheads atau komedo putih yang terdiri dari pori-pori tertutup, komedo hitam adalah komedo terbuka dan terpapar udara sehingga teroksidasi dan berwarna gelap," kata Deanne Mraz Robinson, MD, ahli dermatologi.

Menghilangkan komedo dengan cara menekannya memang menghilangkannya sementara, tapi cara ini ustru dapat memperparah kondisi kulit karena membuat pori-pori besar bahkan berkembang jadi jerawat aktif.

Komedo dapat diatasi dengan penggunaan produk yang tepat dengan beberapa rekomendasi kandungan berikut:

Baca juga: Mengenal Beda Komedo Putih dan Komedo Hitam

1. Benzoil peroksida

"Selain kemampuannya untuk membunuh bakteri penyebab noda pada kulit yang menyebabkan peradangan dan kemerahan, benzoil peroksida dapat membersihkan sel-sel kulit mati penyebab komedo," jelas dokter kulit Erum Ilyas, MD.

"Dengan eksfoliasi yang lembut dan perawatan bakteri pada kulit, benzoil peroksida sangat berguna dalam mengurangi penumpukan di pori-pori yang menyebabkan komedo berkembang," katanya. 

2. Salicylic acid atau asam salisilat

Asam salisilat, sejenis asam beta hidroksi merupakan solusi topikal lain yang bagus untuk mengatasi komedo dan membersihkan pori-pori. Kabar baiknya, asam salisilat dapat ditemukan dalam banyak produk skincare yang dijual bebas.

Karena larut dalam minyak, asam salisilat mampu menembus lebih ke dalam pori-pori di mana asam ini bekerja untuk melonggarkan sel-sel kulit mati dan kotoran, serta dapat mengurangi sekresi sebum yang membantu menjaga pori-pori tetap bersih dan tidak menonjol.

Simone McKitty, MD, seorang dokter kulit menyarankan untuk menggunakan produk tanpa bilas daripada sabun muka, karena semakin lama kulit terpapar bahan aktif, semakin baik kerjanya.

Baca juga: Simak, Perawatan Rumahan untuk Hilangkan Komedo

3. Retinoid topikal

Retinoid menjadi andalan perawatan jerawat yang bekerja dengan cara mencegah pembentukan pori-pori tersumbat dan meningkatkan pergantian sel.

Meskipun untuk beberapa orang pemakaian retinoid bisa membuat kulit kering, tetapi secara keseluruhan dapat ditoleransi dengan baik dan bekerja dengan baik pada komedo.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Glam
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com