Kompas.com - 08/09/2021, 09:38 WIB
jika kipas angin sudah tak terasa menyejukkan dan putarannya terlihat melambat, artinya kipas sudah mengumpulkan banyak debu dan kotoran sehingga perlu dibersihkan. UNSPLASH/YECHAN PARKjika kipas angin sudah tak terasa menyejukkan dan putarannya terlihat melambat, artinya kipas sudah mengumpulkan banyak debu dan kotoran sehingga perlu dibersihkan.

KOMPAS.com - Kipas angin membantu menggerakkan udara sehingga ruangan terasa lebih sejuk dan segar.

Nah, jika kipas angin sudah tak terasa menyejukkan dan putarannya terlihat melambat, artinya kipas sudah mengumpulkan banyak debu dan kotoran sehingga perlu dibersihkan. Apalagi jika kipas angin diletakkan di dapur atau ruangan lainnya yang banyak menghasilkan kotoran.

Sebelum kipas angin berhenti bergerak, segeralah membersihkannya.

Sebab, selain tidak sejuk, kipas angin berdebu yang tetap digunakan malah berpotensi menyebarkan debu dan kotoran ke udara.

Namun, banyak orang mencari cara membersihkan kipas angin tanpa bongkar pasang karena ingin lebih praktis. Jika Anda salah satunya, simak langkah-langkah berikut.

Baca juga: 5 Langkah Membersihkan Alat Masak Stainless Steel agar Tetap Kinclong

Perlengkapan yang perlu dipersiapkan

Sediakan perlengkapan seperti kain lembut yang sudah dibasahi deterjen ringan, kemoceng atau penyedot debu, hingga hairdryer untuk membersihkan kipas angin tanpa dibongkar pasang.FREEPIK/JCOMP Sediakan perlengkapan seperti kain lembut yang sudah dibasahi deterjen ringan, kemoceng atau penyedot debu, hingga hairdryer untuk membersihkan kipas angin tanpa dibongkar pasang.
Menurut Consumer Reports berikut bahan yang perlu dipersiapkan untuk membersihkan kipas angin:

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

  • Kain lembut dan pembersih serbaguna atau kain yang sudah dibasahi dengan air dan deterjen ringan. Peras terlebih dahulu kain tersebut hingga lembap sehingga cairan tidak akan masuk ke mesin kipas angin.
  • Kemoceng atau penyedot debu untuk membersihkan kipas angin tanpa bongkar pasang.
  • Pengering rambut (hair dryer) untuk mengeringkan kipas angin setelah dibersihkan.

Baca juga: Simak, 3 Cara Membersihkan Kloset Berkerak dengan Bahan Dapur

Cara membersihkan

Melansir The Spruce, berikut cara membersihkan kipas angin tanpa bongkar pasang yang bisa kita praktikkan:

1. Pastikan listrik tidak terpasang atau baterai kipas angin mati.

2. Gunakan pengering rambut pada setelan udara paling dingin lalu bersihkan bilah kipas angin dari luar. Jaga jaraknya sekitar 15-25 cm. Bersihkan pula bagian belakang kipas dengan cara yang sama sehingga sisi lain bilah juga dapat dibersihkan.

Gunakan pengering rambut pada setelan udara paling dingin lalu bersihkan bilah kipas angin dari luar.UNSPLASH/ANDREA DONATO Gunakan pengering rambut pada setelan udara paling dingin lalu bersihkan bilah kipas angin dari luar.
3. Gunakan penyedot debu atau kemoceng untuk membersihkan debu-debu yang terlepas dari bilah kipas angin atau bagian dalamnya. Pastikan semua sisi kipas dibersihkan. Beri perhatian ekstra pada sudut-sudut yang menumpuk debu.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.