Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

8 Hal yang Bisa Dipelajari Anak-anak Saat Traveling, Apa Saja?

Kompas.com - 08/09/2021, 11:36 WIB
Ryan Sara Pratiwi,
Lusia Kus Anna

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Berlibur atau traveling kini sudah menjadi bagian dari gaya hidup keluarga kelas menengah di Indonesia. Selain menambah ikatan orangtua dan anak, ada banyak manfaat yang bisa didapatkan anak saat traveling.

Mengajak anak traveling, terutama yang masih kecil,  dapat menjadi tantangan sekaligus peluang bagi mereka untuk berkembang.

Selain membawa pulang kenangan yang indah dan menyenangkan, traveling bersama keluarga ternyata juga bisa memberikan banyak pelajaran pada anak-anak.

Lantas apa saja pelajarannya? Nah, para travel influencer pun membagikan beberapa hal yang bisa dipelajari oleh anak-anak saat traveling, seperti yang dilansir dari laman Insider berikut ini.

Baca juga: 7 Hotel di Malang yang Pas untuk Liburan Keluarga

1. Membuat pikiran anak-anak lebih terbuka

Menurut seorang ibu dari dua anak dan pendiri situs The Barefoot Nomad, Micki Kosman, traveling bisa mengajarkan anak-anak untuk memiliki pemikiran yang lebih terbuka.

Mereka juga dapat belajar untuk lebih menghargai hidup karena tempat-tempat yang mereka kunjungi dan proses perjalanan yang membantu mereka melihat masalah dalam sebuah perspektif.

"Anak-anak akan memahami bahwa banyak masalah yang mereka dan teman-teman mereka hadapi tidak seberapa dibandingkan dengan penderitaan banyak anak di seluruh dunia," katanya.

2. Bertanggung jawab dan mandiri

"Anak-anak saya tidak dapat mengeluh bahwa kaki mereka sakit ketika kami berlari untuk mengejar penerbangan lanjutan atau naik kereta pada menit terakhir," kata Colleen Lanin, ibu dari dua anak, yang merupakan pendiri situs Travel Mamas.

Baca juga: Simak Tips Liburan Keluarga Nan Edukatif ala “The Baldys”

Lanin menambahkan bahwa anak-anaknya telah mengetahui bahwa jika mereka tidak bisa bertanggung jawab atau mandiri maka seluruh keluarga akan ketinggalan penerbangan atau tamasya.

"Semakin banyak tanggung jawab yang saya berikan kepada anak-anak, semakin mereka akan menindaklanjuti dan semakin dewasa mereka berperilaku," terangnya.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com