Kompas.com - 08/09/2021, 12:49 WIB
Ilustrasi demensia Ilustrasi demensia

KOMPAS.com – Demensia adalah penyakit yang mengakibatkan penurunan daya ingat dan cara berpikir. Dalam bahasa awam, ini adalah penyakit pikun dan biasanya diderita lansia.

Penderita penyakit demensia di seluruh dunia terus meningkat dengan cepat. Melansir situr Alzheimer Indonesia, saat ini diperkirakan ada 46,8 atau 50 juta orang yang didiagnosis dengan demensia di dunia, dan 20,9 juta di Asia Pasifik dengan sekitar 10 juta kasus baru setiap tahunnya.

Di Indonesia sendiri, diperkirakan ada sekitar 1,2 juta orang dengan demensia pada tahun 2016.

Namun, angka itu nampaknya akan terus betambah. Pasalnya, menurut laporan terbaru WHO,  penderita demensia di seluruh dunia diperkirakan akan meningkat hingga 78 juta pada 2030 mendatang, atau bertambah 40 persen dari estimasi angka penderita demensia saat ini.

Baca juga: Perhatikan, 7 Gejala Awal Demensia

Menurut WHO, hal ini terjadi sebagai akibat bertambahnya usia harapan hidup populasi. Seiring bertambahnya populasi, jumlah orang dengan demensia diperkirakan akan meningkat menjadi 139 juta pada tahun 2050.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Penyebab demensia

Demensia sendiri dapat disebabkan oleh berbagai penyakit atau cedera yang mempengaruhi otak seperti stroke, cedera otak atau penyakit Alzheimer. Saat ini, demensia merupakan penyebab kematian ketujuh di antara penyakit lain yang menyerang lansia.

Demensia juga kerap disebut sebagai penyebab utama kecacatan dan ketergantungan para lansia.

Penyakit ini memang masih belum ada obatnya. Namun menurut WHO, demensia bisa dicegah.

Sejumlah penelitian pun menunjukkan bahwa risiko dapat dikurangi dengan tetap aktif secara fisik, tidak merokok, minum cukup, dan menjaga pola makan yang sehat.

Peningkatan jumlah penderita demensia akan memiliki konsekuensi sosial dan ekonomi yang signifikan.

 

Baca juga: Bermain Musik Dapat Mengurangi Gejala Demensia? Ini Penjelasannya

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Sumber Fox News
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.