Kompas.com - 08/09/2021, 15:00 WIB

KOMPAS.com - Memiliki tempat tinggal sendiri adalah impian banyak orang.

Namun, ada banyak faktor yang membuat seseorang belum membeli rumah, terutama faktor finansial.

Biaya membeli rumah sebetulnya bisa menjadi lebih ringan jika kita merencanakannya sejak awal. Misalnya, jika merencanakan sejak awal bekerja dan memiliki penghasilan sendiri.

Tapi, menabung untuk beli rumah juga perlu perencanaan yang matang agar investasi yang dilakukan dapat mencapai target yang diinginkan.

Ingatlah bahwa tak ada kata terlambat untuk menabung atau berinvestasi dan kita bisa memulainya hari ini.

Berikut sejumlah tips menabung untuk beli rumah yang bisa kita praktikkan:

1. Tentukan kapan akan beli rumah

Tentukan kapan akan membeli rumah. Hal itu akan membantu kita untuk menyusun rencana anggaran.UNSPLASH/ESTEE JANSSENS Tentukan kapan akan membeli rumah. Hal itu akan membantu kita untuk menyusun rencana anggaran.
Melansir The Financial Express, hal pertama yang perlu dilakukan adalah memutuskan kapan akan beli membeli rumah.

Hal ini penting untuk direncanakan sedini mungkin. Misalnya, saat ini usia kita 20 tahun dan berencana mengumpulkan down payment (DP) rumah dalam lima tahun ke depan, maka perencanaan keuangan dapat kita sesuaikan dengan rentang waktu tersebut.

Baca juga: Hindari 6 Kesalahan Membeli Rumah Pertama Kali

2. Buat rencana anggaran

Setelah berkomitmen untuk membeli rumah dalam lima tahun ke depan, mulailah menabung untuk mencapai target yang ingin dicapai.UNSPLASH/SANDY MILLAR Setelah berkomitmen untuk membeli rumah dalam lima tahun ke depan, mulailah menabung untuk mencapai target yang ingin dicapai.
Setelah menentukan kapan akan membeli rumah, cobalah mengatur target berapa kira-kira uang yang mau disisihkan dalam rentang waktu menabung tersebut.

Setelah berkomitmen untuk membeli rumah dalam lima tahun ke depan, mulailah menabung untuk mencapai target yang ingin dicapai.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.