Kompas.com - 08/09/2021, 16:59 WIB
Penyanyi Ari Lasso Tangkapan layar YouTube ARI LASSO TVPenyanyi Ari Lasso

KOMPAS.com - Penyanyi Ari Lasso mengungkapkan bahwa dirinya sedang mengidap kanker kelenjar getah bening atau limfoma dengan jenis Diffuse Large B-cell Lymphoma (DLBCL) atau limfoma sel B.

Melalui kanal YouTube Deddy Corbuzier, Ari mengatakan apabila penyakit kankernya ini mulai diketahui setelah dirinya sempat menjalani operasi pengangkatan tumor limpa.

"Ini limpa, tumornya dua kali lipat (dari limpa). Dan ketika dibelek, gue langsung pegang tangan bini gue, 'cancer ini, mah'. Kan khas, (bentuknya) kayak brokoli," terangnya seperti dikutip Kompas.com, Selasa (8/9/2021).

Menurut Mayo Clinic, kanker limfoma sel B termasuk ke dalam jenis limfoma non-Hodgkin yang menyerang sistem kekebalan tubuh.

Pada limfoma non-Hodgkin, sel darah putih yang disebut limfosit tumbuh secara tidak normal dapat membentuk pertumbuhan (tumor) di seluruh tubuh.

Baca juga: Dari Tumor Limpa Jadi Idap Kanker Langka, Begini Penjelasan Ari Lasso

Gejala dan penyebabnya

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Gejala kanker limfoma non-Hodgkin antara lain adanya pembengkakan kelenjar getah bening di leher, ketiak, atau selangkangan, sakit perut, nyeri dada, batuk, demam, hingga penurunan berat badan.

Meski demikian, penyebab pasti terjadinya limfoma non-Hodgkin masih belum banyak diketahui oleh para dokter.

Namun, kanker ini bisa terjadi saat tubuh kita memproduksi terlalu banyak limfosit abnormal, yang merupakan jenis sel darah putih.

Biasanya, limfosit menjalani siklus hidup yang dapat diprediksi. Limfosit lama mati dan tubuh akan membuat yang baru untuk menggantikannya.

Baca juga: 11 Gejala Kanker Limfoma yang Perlu Diwaspadai

Halaman:


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.