Kompas.com - Diperbarui 14/09/2021, 19:52 WIB
Cara agar anak cepat membaca juga ditentukan dari seberapa baik strategi yang disusun oleh orangtua. PEXELS/MENTATDGTCara agar anak cepat membaca juga ditentukan dari seberapa baik strategi yang disusun oleh orangtua.

KOMPAS.com - Membaca tak hanya membuat anak lebih mudah mengerjakan tugas sekolah, tetapi juga membuatnya bisa lebih cepat mahir dalam berbagai bidang. Untuk itu, mencari tahu cara agar anak cepat membaca adalah hal yang penting bagi orangtua.

Mengajari anak membaca memang bukanlah hal mudah dan dibutuhkan ketekunan serta kesabaran orangtua. Selain itu, setiap anak juga punya kemampuannya masing-masing dalam memahami bacaan.

Jika anak sulit sekali membaca dengan lancar, orangtua jangan buru-buru khawatir. Bisa jadi, metode ajarnya yang perlu disesuaikan.

Berikut sejumlah cara agar anak cepat membaca yang bisa Anda praktikkan:

1. Tunjukkan cara membaca yang lancar

Salah satu cara agar anak cepat membaca adalah menjadi contoh bagi mereka. Jadi, cobalah mencontohkannya cara membaca yang baik dan benar.PEXELS/LINA KIVAKA Salah satu cara agar anak cepat membaca adalah menjadi contoh bagi mereka. Jadi, cobalah mencontohkannya cara membaca yang baik dan benar.
Menurut Reading Partners, secara alami anak sebetulnya bisa cepat belajar. Hal yang sering kali luput dari perhatian orangtua adalah kemampuan anak belajar dari orang lain.

Salah satu cara agar anak cepat membaca adalah menjadi contoh bagi mereka.

Biarkan anak melihat dan mendengar dari orangtuanya seperti apa membaca yang baik dan lancar.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Ketika anak membaca, pastikan orangtua memperkayanya dengan banyak ekspresi dan emosi, serta menunjukkan kecepatan dan frasa membaca yang tepat.

Kemudian, mintalah anak untuk membaca dengan cara yang ditunjukkan oleh kita.

Baca juga: 6 Makanan yang Membantu Pertumbuhan Otak Anak

2. Buat area membaca

Salah satu cara agar anak cepat membaca adalah dengan mendedikasikan tempat di mana anak bisa merasa nyaman ketika membaca, misalnya ruangan perpustakaan kecil di rumah.PEXELS/PIXABAY Salah satu cara agar anak cepat membaca adalah dengan mendedikasikan tempat di mana anak bisa merasa nyaman ketika membaca, misalnya ruangan perpustakaan kecil di rumah.
Menurut Verywell Family, cobalah mendedikasikan tempat di mana anak bisa merasa nyaman ketika membaca. Ruangan itu harus dipenuhi oleh buku-bukunya.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.