Kompas.com - 09/09/2021, 13:58 WIB
Manfaat daun sirih untuk kesehatan bisa kita peroleh dengan berbagai cara, daun sirih juga mudah ditemukan. SHUTTERSTOCK/HARISMOYOManfaat daun sirih untuk kesehatan bisa kita peroleh dengan berbagai cara, daun sirih juga mudah ditemukan.

KOMPAS.com - Daun sirih sangat mudah didapatkan di sekeliling kita. Meski kebanyakan daun sirih berwarna hijau, namun ada pula daun sirih yang berwarna kemerahan, kekuningan, atau bahkan abu-abu.

Khasiat daun sirih untuk kesehatan bisa kita peroleh dengan berbagai cara. Mulai dari menggulung daunnya untuk pengobatan pendarahan hidung atau mimisan, merebusnya untuk menghasilkan rebusan daun sirih, atau menggunakannya dalam bentuk minyak atsiri.

Mengutip Seri Mukjizat Daun: Daun Sirih (2019) yang ditulis oleh Hieronymus Budi Santoso, Piper betle atau daun sirih adalah jenis tumbuhan merambat yang bersandar pada batang pohon, tembok, atau permukaan lainnya.

Tanaman ini bisa tumbuh hingga puluhan meter.

Batangnya berkayu, bulat, berbuku-buku, beralur, dan berwarna hijau.

Sementara daun sirih umumnya berbentuk bulat panjang dengan pangkal berbentuk mirip jantung dan ujungnya meruncing.

Beberapa khasiat daun sirih untuk kesehatan antara lain:

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

1. Mencegah diabetes

Daun sirih bisa menjadi alternatif untuk mencegah dan membantu pengobatan diabetes.freepik Daun sirih bisa menjadi alternatif untuk mencegah dan membantu pengobatan diabetes.
Berbagai obat anti-diabetes memiliki efek samping terhadap hati dan ginjal ketika dikonsumsi dalam jangka panjang.

Daun sirih bisa menjadi alternatif untuk mencegah dan membantu pengobatan penyakit ini.

Menurut Medindia, penelitian menemukan bahwa daun sirih yang dikeringkan dan dijadikan bubuk memiliki kemampuan untuk menurunkan level gula darah pada individu yang didiagnosis menderita diabetes tipe 2 dan jenis.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.