Kompas.com - 09/09/2021, 15:58 WIB
Ilustrasi soto betawi jeroan sapi. SHUTTERSTOCK/Ariyani TedjoIlustrasi soto betawi jeroan sapi.

KOMPAS.com - Soto daging santan adalah salah satu kuliner Indonesia yang sulit ditolak kelezatannya.

Cita rasanya dominan gurih dengan perpaduan potongan daging sapi dan santan kelapa sebagai kuahnya. Meski demikian, resep soto daging sapi santan tidak sama di setiap daerah karena semuanya memiliki ciri khas sendiri.

Perbedaan ini umumnya terletak pada bumbu soto daging sapi santan tersebut, menyesuaikan dengan keragaman daerah masing-masing. Namun, ada beberapa jenis soto berkuah santan yang lebih populer dan dikenal banyak orang.

Alasannya, karena jenis soto daging sapi santan tersebut banyak dijual oleh para pedagang di setiap kota besar.

Baca juga: Ramai soal Soto, Ini Hidangan Soto dari Jawa, Sumatera, dan Berbagai Daerah di Indonesia

Apa saja?

Soto daging santan dari Betawi

Siapa yang tak kenal kelezatan soto daging berkuah santan dari Jakarta ini. Selain daging sapi, soto ini juga kadang memakai irisan daging kambing beserta jeroannya.

Kuahnya tergolong kental karena menggunakan santan yang dimasak dengan kemiri, pala, jintan dan ketumbar. Sebagai pelengkap, ditambahkan emping dan acar timun sehingga rasanya semakin kaya.

Coto Makasar

Soto daging kuah santan yang tak kalah populer adalah Coto Makasar. Berbeda dari yang lainnya, jenis soto ini menggunakan buras alias ketupat yang dibalut daun pisang.

Irisan daging sapi dan jeroan termasuk lidah, otak, limpa, paru, hati, jantung, babat dijadikan isian utamanya. Kuahnya menjadi amat istimewa karena merupakan perpaduan santan kelapa, kacang, tauco dan berbagai rempah lainnya.

Baca juga: 5 Jenis Soto Daging Bening nan Lezat dalam Kekayaan Kuliner Indonesia

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.