Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Manfaat Olahraga Rutin, Bikin Bahagia hingga Menambah Daya Ingat

Kompas.com - 09/09/2021, 16:33 WIB
Nabilla Tashandra

Editor

KOMPAS.com - Manfaat olahraga bagi kesehatan sangatlah beragam. Bertepatan dengan Hari Olahraga Nasional yang diperingati setiap 9 September, penting untuk mengingatkan kembali manfaat olahraga yang bisa kita peroleh jika melakukannya secara rutin.

Adapun tujuan Hari Olahraga Nasional adalah untuk mengingatkan masyarakat tentang pentingnya olahraga dalam meningkatkan imunitas tubuh dan sebagai upaya membudayakan olahraga di tengah masyarakat.

Sayangnya, banyak orang mulai jarang berolahraga setelah satu tahun lebih menghadapi situasi pandemi. Padahal, olahraga di masa pandemi penting untuk membentuk tubuh dan imun yang kuat dalam menghadapi infeksi virus.

"Meski saat ini kita lebih banyak berada dan beraktivitas di rumah, ada baiknya kita tetap berolahraga," ungkap founder Fitnest.id sekaligus Women Fitness Specialist, Marcellina Leonora, seperti dikutip Kompas.com dari keterangan tertulis yang dibagikan oleh Lemonilo Fit Club.

Baca juga: Berapa Lama Harus Olahraga untuk Kurangi Efek Buruk Rebahan?

Manfaat olahraga

Tak hanya menguatkan daya tahan tubuh dan membantu membentuk tubuh, olahraga rutin juga membantu kita terhindar dari gaya hidup kurang gerak (sedentary lifestyle).

Apalagi situasi pandemi membuat kita lebih rentan mengalami obesitas dan terserang penyakit.

"Karena kita jarang keluar rumah dan aktivitas kita juga sangat terbatas. Apabila kita bisa meningkatkan aktivitas selama di rumah, maka hal itu akan sangat membantu," kata wanita yang akrab disapa Leony itu.

Olahraga rutin juga membantu kita terhindar dari gaya hidup kurang gerak (sedentary lifestyle).SHUTTERSTOCK Olahraga rutin juga membantu kita terhindar dari gaya hidup kurang gerak (sedentary lifestyle).
Selain itu, olahraga juga baik untuk otak. Sebab, ada beberapa hormon yang sangat berperan untuk kesehatan otak selama kita berolahraga. Salah satunya adalah dopamin, hormon yang bisa membantu meningkatkan motivasi dan fokus.

Selain itu, hormon endorfin juga membantu menghilangkan rasa sakit dan meningkatkan rasa bahagia. Hormon endorfin lah yang membuat kita tidak merasa lelah setelah olahraga dan justru merasa lebih segar.

Selain dopamin dan endorfin, hormon serotonin yang dilepaskan ketika berolahraga juga dapat membantu kita lebih bersemangat dan meningkatkan suasana hati.

"Hormon serotonin ini dapat membantu teman-teman yang saat ini bekerja dari rumah menjadi lebih positif, bersemangat, dan produktif," ujarnya.

Manfaat olahraga rutin lainnya yang jarang disadari adalah melancarkan peredaran darah dan memperlancar distribusi oksigen serta nutrisi di dalam tubuh.

"Olahraga juga memiliki pengaruh signifikan bagi hippocampus, karena dapat meningkatkan daya ingat," kata Leony.

Olahraga juga memiliki pengaruh signifikan bagi hippocampus, karena dapat meningkatkan daya ingat.UNSPLASH/VENLIER ANH Olahraga juga memiliki pengaruh signifikan bagi hippocampus, karena dapat meningkatkan daya ingat.
Durasi olahraga per hari

Setelah mengetahui beberapa manfaat olahraga rutin, sebagian orang mungkin bertanya-tanya, berapa sih durasi olahraga per hari yang dianjurkan?

Waktu ideal dan durasi olahraga sebetulnya perlu disesuaikan dengan tujuan yang ingin kita capai.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com