Kompas.com - 10/09/2021, 05:55 WIB
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com – Mengkudu adalah buah yang dikenal akan aromanya yang khas, bentuknya yang unik, dan rasa pahitnya.

Namun, siapa sangka di balik penampilan dan keunikannya itu, buah satu ini memiliki manfaat besar bagi kesehatan. Bahkan, bisa membantu menurunkan berat badan.

Untuk mengetahui manfaat lengkap mengkudu, simak paparan yang dilansir dari Eat This Not That berikut.

Mungil namun sehat

Medical News Today mengatakan bahwa di balik wujudnya yang mungil, buah yang dapat tumbuh di Asia Tenggara, Kepulauan Pasifik, dan area tropis lainnya ini memiliki manfaat besar.

Pasalnya, mengkudu tinggi akan antioksidan dan telah digunakan selama betahun-tahun untuk pengobatan.

Untuk mendapat manfaat kesehatannya itu, terkadang mengkudu dijadikan pasta, dibuat bubuk, atau disulap menjadi jus.

Berbagai penelitian ilmiah pun menemukan bahwa nutrisi yang terkandung dalam mengkudu dapat meringankan kasus nyeri sendi dan osteoarthritis, memerangi radikal bebas yang dapat menyebabkan kanker, dan dapat memberikan Vitamin C untuk mendukung kekebalan.

Bahkan, salah satu penelitian menemukan bahwa perokok berat yang meminum jus mengkudu selama satu bulan mengalami penurunan risiko penyakit kardiovaskular. Artinya, mengkudu mengurangi kolesterol jahat dan trigliserida.

Baca juga: Mengapa Buah Mengkudu Berkhasiat untuk Pria?

Lalu, dalam penelitian lain yang meneliti sekelompok non-perokok, mengkudu terbukti dapat menyebabkan penurunan denyut jantung dan tekanan darah.

Jus mengkudu juga telah terbukti dapat mengatur gula darah dan metabolisme, mengurangi lemak dalam darah, dan mencegah penambahan berat badan dengan meningkatkan grehlin alias hormon yang memberi tahu tubuh bahwa kita kenyang, membuatnya cocok sebagai teman diet.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.