Kompas.com - 10/09/2021, 08:28 WIB
Ilustrasi bersepeda di Denmark. Denmark.dkIlustrasi bersepeda di Denmark.
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Konsep keberlanjutan atau sustainability saat ini sedang banyak diterapkan oleh masyarakat sebagai upaya untuk membuat Bumi menjadi lebih baik dan mencegah terjadinya krisis lingkungan.

Melansir dari laman The Good Trade, hidup berkelanjutan memiliki pengertian bahwa kita memprioritaskan penggunaan sumber daya alam yang terbarukan daripada menciptakan limbah yang menguras sumber daya lingkungan untuk generasi mendatang.

Dalam kehidupan sehari-hari, hidup berkelanjutan juga berarti kita berhati-hati dan sadar tentang bagaimana kita berinteraksi dengan peralatan rumah tangga, perjalanan di luar rumah, berbelanja, dan banyak lagi.

Sehingga, kita perlu membatasi kebiasaan untuk mengeluarkan sesuatu secara berlebihan, baik itu soal uang atau energi, guna melindungi dan memperbaiki lingkungan kita.

Menurut Program Lingkungan PBB, jika populasi global mencapai 9,6 miliar pada tahun 2050, kita membutuhkan setara dengan hampir tiga planet untuk menyediakan sumber daya alam yang dibutuhkan untuk mempertahankan gaya hidup saat ini.

Baca juga: Tips Menerapkan Fesyen Berkelanjutan

Memulai gaya hidup yang berkelanjutan

Mengurangi sampah plastik adalah awal untuk memulai hidup yang lebih berkelanjutan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Untuk mempraktikkannya dalam skala yang lebih besar dan menggunakannya untuk menginformasikan tindakan sehari-hari, berikut adalah beberapa cara mudah memulainya.

1. Hemat energi

Lebih dari sekadar mematikan lampu saat meninggalkan ruangan atau mencabut peralatan yang tidak digunakan setiap hari, pertimbangkan untuk mengganti bohlam yang hemat energi.

Jika memungkinkan, gantung pakaian untuk mengeringkan dan bukan memakai mesin pengering, atau masak tanpa menggunakan oven, kompor, atau microwave.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.