BrandzView
Konten ini merupakan kerja sama Kompas.com dengan Erha

Kesehatan Kulit dan Tubuh Pengaruhi Produktivitas, Yuk Rawat dengan 5 Cara Ini

Kompas.com - 12/09/2021, 09:03 WIB
Ilustrasi wanita dengan kulit dan tubuh sehat. (Shutterstock/Puhhha)Ilustrasi wanita dengan kulit dan tubuh sehat.
|

KOMPAS.com - Memiliki kulit dan tubuh yang sehat menjadi dambaan banyak orang, khususnya wanita. Pasalnya, selain memengaruhi penampilan, terganggunya kesehatan kulit dan tubuh akan membuat aktivitas sehari-hari tidak nyaman. Produktivitas pun ikut terhambat. 

Berbicara tentang kulit sehat, hal ini tidak harus ditandai dengan kulit berwarna putih. Dilansir dari laman hellosehat.com, ada empat indikator yang menentukan kesehatan kulit.

Pertama, kulit sehat ditandai dengan rona warna yang merata. Jika terdapat perbedaan atau belang, kemungkinan kulit tengah mengalami gangguan, baik diakibatkan penyakit kulit, dehidrasi, maupun hiperpigmentasi.

Kedua, kulit yang sehat memiliki tekstur lembut dan kenyal. Sebaliknya, bila terdapat benjolan kecil, kasar, kering, kendur, dan keriput, bisa jadi kulit tengah bermasalah.

Ketiga, kulit sehat akan terasa lembap. Ini berarti, kebutuhan cairan tubuh telah terpenuhi. Untuk diketahui, air berperan menjaga ekuilibrium sebum di lapisan epidermis dan merangsang produksi kolagen.

Terakhir, tidak ada sensasi aneh atau ketidaknyamanan pada permukaan kulit. Contohnya, perih, gatal, panas, dan kencang seolah tertarik.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Ada beragam cara mudah yang bisa dilakukan untuk mendapatkan kulit dan tubuh yang sehat. Berikut ulasannya.

1. Lindungi dari sinar matahari

Banyak penelitian membuktikan bahwa paparan sinar matahari berlebih berdampak buruk bagi kesehatan tubuh, khususnya kulit.

Untuk melindungi kulit dari sinar matahari, kamu cukup mengoleskan tabir surya dengan sun protection factor (SPF) minimal 15 sebelum beraktivitas di luar ruangan. Ulangi pemakaian produk tersebut setiap dua jam agar perlindungan semakin maksimal.

Hindari beraktivitas di luar ruangan pada pukul 10.00 dan 16.00. Pasalnya, intensitas cahaya matahari pada rentang waktu tersebut terbilang kuat. Jika terpaksa, sebaiknya gunakan pakaian lengan panjang untuk melindungi kulit.

2. Jangan merokok

Bahaya rokok terhadap kesehatan tubuh juga telah dibuktikan dalam berbagai penelitian. Merokok membuat kulit, khususnya wajah, menjadi kusam dan tampak lebih tua karena dapat menimbulkan kerutan.

Jika dibiarkan, zat racun yang terhirup saat merokok bakal mengganggu kerja pembuluh darah kecil yang berada di lapisan kulit luar dan merusak jaringan kolagen dalam tubuh. Hal ini juga dapat meningkatkan kemungkinan terjangkit penyakit mematikan lain.

3. Rawat dengan lembut

Perawatan sehari-hari turut menentukan kondisi kulit. Namun, hasil dari perawatan tidak hanya ditentukan oleh produk yang digunakan, tapi juga caranya.

Untuk mempertahankan kehalusan dan kelembapan kulit, durasi waktu mandi perlu ditentukan. Mandi terlalu lama, apalagi menggunakan air panas, dapat membuat kulit menjadi kering.

Selain itu, pilih produk sabun yang mengandung agen pelembap dan rendah sodium lauryl sulfate (SLS). Usai mandi, segera aplikasikan losion untuk mengembalikan kelembapan kulit yang hilang saat pembersihan.

4. Kelola stres

Stres merupakan salah satu pemicu beragam masalah kesehatan. Jika dibiarkan berlarut-larut, kondisi psikis seperti itu akan membuat kulit jadi sensitif dan tak jarang menyebabkan rambut rontok.

Karena itu, penting bagi siapa saja untuk mengelola stres. Caranya, bisa dengan meluangkan waktu untuk melakukan hal-hal yang disukai. Kemudian, penuhi kebutuhan istirahat harian.

Apabila stres yang dialami sulit dikelola sendiri, cobalah untuk berkonsultasi dengan psikolog agar mendapatkan penanganan terbaik.

5. Rajin berolahraga

Tak sedikit penelitian membuktikan kebermanfaatan olahraga bagi kesehatan tubuh secara keseluruhan. Karena itu, tak ada salahnya untuk mendisiplinkan lagi kebiasaan baik ini.

Agar tidak memberatkan, mulailah dengan jenis olahraga ringan yang mencakup tiga aspek kebugaran dasar, yakni kekuatan, kardio, dan fleksibilitas. Contohnya, jalan cepat atau joging. Durasinya cukup 30 menit sehari.

Bila enggan berolahraga sendiri, tak ada salahnya mencoba melakukan kegiatan tersebut bersama teman.

Studi para ilmuwan Jepang yang dimuat di jurnal Scientific Reports (2016) menyebut, workout bareng teman lebih menyehatkan ketimbang melakukan sendirian, sekalipun frekuensinya lebih sedikit.

6. Konsumsi makanan bernutrisi

Kondisi kulit juga ditentukan dari makanan yang dikonsumsi. Karena itu, usahakan konsumsi makanan bernutrisi setiap hari. Adapun nutrisi yang dibutuhkan untuk mendapatkan kulit dan tubuh sehat adalah vitamin C, D, E, serta zink.

Tak sulit untuk menemukan sumber masing-masing nutrien tersebut. Vitamin C, D, dan E, misalnya, bisa didapat dari buah, sayuran, serta kacang-kacangan.

Sementara, zink dapat ditemukan dalam tiram, gandum, hati sapi, biji wijen, daging sapi, udang, kacang merah, dan kacang tanah.

Jika kebutuhan vitamin tersebut tidak bisa terpenuhi hanya dengan mengonsumsi makanan alami, cobalah untuk memenuhinya lewat konsumsi suplemen.

Adapun suplemen yang bisa dipilih adalah Zincore, Skincore, Follicore, Zinc, dan Zinc Plus. Kelimanya merupakan keluaran klinik kecantikan Erha.

Skincore sendiri merupakan suplemen kesehatan yang mengandung vitamin C dan E, beta carotene, zink, serta coenzyme Q10 (CoQ10). Deretan nutrien tersebut menjadikan produk ini punya beragam manfaat.

Sebut saja, membantu menyamarkan kerutan, mencegah kerusakan kolagen, dan melindungi tubuh dari virus penyebab penyakit.

Sementara, Zincore adalah suplemen zink yang membantu penyembuhan luka pada kulit, termasuk jerawat, dan iritasi. Selain itu, produk ini pun berperan sebagai antioksidan yang dapat meningkatkan imunitas tubuh.

Bagi yang mengalami rambut rontok, Follicore Herbal bisa jadi andalan. Pasalnya, suplemen antidihydrotestosterone ini membantu mengurangi kerontokan rambut yang diakibatkan faktor hormon dan genetik.

Suplemen selanjutnya dari Erha adalah Zinc. Produk ini mengombinasikan zinc picolinate (bentuk zink yang paling mudah diserap oleh tubuh), zinc gluconate, dan copper gluconate.

Ada beragam kebaikan yang ditawarkan dari produk tersebut, antara lain, membantu pembentukan dan pemeliharaan sel, meningkatkan imunitas, mempercepat penyembuhan luka, membantu memaksimalkan kinerja otak, dan memperbaiki kesuburan pria.

Variasi lain yang lebih lengkap dari Zinc adalah Zinc Plus. Suplemen dengan tambahan calcium ascorbate (vitamin C salt) ini berfungsi melengkapi nutrisi harian serta menjaga kesehatan tubuh dan kulit.

Saat ini, produk-produk suplemen Erha bisa didapat dengan mudah. Kamu bisa membelinya langsung di apotek Erha terdekat atau secara online melalui laman www.erhastore.co.id, serta toko resmi pada e-commerce, seperti Tokopedia dan Shopee.

Selain itu menjual produk-produk perawatan, Erha juga menyediakan layanan Teledermatologi bagi konsumen yang ingin berkonsultasi mengenai masalah kulit, rambut, dan tubuh secara keseluruhan. 


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.