Kompas.com - 12/09/2021, 11:05 WIB
ilustrasi olahraga dengan kursi shutterstock/Lizardflmsilustrasi olahraga dengan kursi

KOMPAS.com - Camilan tak selalu buruk untuk kesehatan. Bahkan, mengonsumsi camilan sehat di antara waktu makan ternyata dianjurkan, terutama pada mereka yang sering berolahraga.

Bagi atlet dan seseorang yang aktif secara fisik, konsumsi camilan sehat dapat memastikan energi yang cukup untuk berolahraga, meningkatkan pemulihan otot, meningkatkan kinerja mental, dan membantu menjaga komposisi tubuh yang sehat.

Director, Sport Performance and Education, Herbalife Nutrition Dana Ryan mengatakan, sebagai ahli olahraga dan diet, banyak atlet yang bertanya kepadanya tentang jenis camilan yang tepat sebelum dan setelah olahraga.

“Jumlah dan jenis makanan ringan harus ditentukan oleh jadwal aktivitas, kegiatan fisik, bahkan waktu tidur Anda. Kuncinya adalah membuat pilihan makanan ringan yang tepat agar sesuai dengan kebutuhan nutrisi,” kata Dana Ryan dalam keterangan pers.

Baca juga: Cegah Dehidrasi, Perhatikan Jenis Cairan saat Olahraga

Ada beberapa hal yang bisa jadi panduan untuk memilih camilan sehat:

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

1. Kombinasi protein dengan karbohidrat atau lemak sehat
Saat mencari jenis camilan untuk menahan rasa lapar, kita harus memadukan makanan kaya protein dengan karbohidrat atau lemak sehat untuk mendukung perbaikan otot.

“Protein juga membangkitkan rasa kenyang, serta membantu menangkal rasa lapar sampai waktu makan berikutnya. Sementara karbohidrat sebagai sumber energi,” kata Dana Ryan.

Jenis makanan yang bisa dipilih dalam kategori karbohidrat sehat adalah biji-bijian utuh, biscuit atau sereal berserat tinggi. Sedangkan lemak sehat misalnya selai kacang atau alpukat, serta keju.

Baca juga: Cara Tepat Hitung Kebutuhan Protein Harian

2. Jangan abaikan isyarat rasa lapar
Sinyal umum lapar termasuk perut keroncongan atau menggeram, kelelahan, gemetar atau pusing, dan konsentrasi yang buruk.

“Jika memiliki gejala-gejala ini, berarti tubuh sudah terlalu banyak menghabiskan energi. Di saat seperti ini, Anda akan membutuhkan energi untuk menopang aktivitas,” kata Dana Ryan.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.