Kompas.com - 12/09/2021, 16:01 WIB
Ilustras PexelsIlustras

KOMPAS.com – Setiap orangtua tentu ingin anaknya penurut dan mau membantu orangtuanya. Demi mencapai tujuan tersebut, tak jarang orangtua memberi imbalan berupa uang setelah anak mau mengerjakan sesuatu.

Kendati demikian, banyak yang menganggap bahwa metode ini hanya akan membuat anak menjadi manja dan hanya menurut karena iming-iming uang.

Namun, rupanya para peneliti berpendapat bahwa memberi imbalan berupa uang bagi anak bukanlah hal buruk.

Pendapat tersebut dibuktikan oleh sebuah survei yang digelar oleh situs finansial CouponFollow. Survei tersebut mencari tahu bagaimana pandangan para orangtua terkait pemberian uang sebagai imbalan.

Baca juga: 3 Tips Bahas soal Uang di Tengah Keluarga

Hasilnya, 80 persen orangtua memberi anak mereka imbalan berupa uang saat anak-anak melakukan sesuatu yang terpuji, seperti menyelesaikan tugas rumah atau mendapat nilai bagus.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Lalu, sekitar 70 persen orangtua mengatakan bahwa mereka sering memberi anak imbalan berupa uang sebagai hadiah karena berkelakuan baik atau sebagai bukti kasih sayang.

Selain itu, hampir setengah responden mengaku menahan imbalan uang, hadiah, atau penghargaan lain ketika anak-anak berperilaku tidak baik atau tidak memenuhi harapan orangtua mereka.

Bagi kebanyakan orangtua, hadiah memang dapat mendorong anak untuk terus berbuat baik, meningkatkan self-esteem, dan memperkuat hubungan antara anak dan orangtua.

Yang menarik, Centers for Disease Control & Prevention (CDC) berpendapat bahwa asumsi tersebut itu tepat dan telah diteliti.

Baca juga: Pola Asuh Orangtua di Jepang yang Bisa Kita Contoh

Kendati demikian, agar metode ini berhasil, orangtua harus memahami bahwa setiap bentuk imbalan harus menargetkan sebuah perilaku spesifik yang dilakukan anak.

Halaman:


Sumber Moms
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.