Kompas.com - 12/09/2021, 18:12 WIB
Ilustrasi makan dimsum goreng dengan saus cocolan. PIXABAY/ Igor OvsyannykovIlustrasi makan dimsum goreng dengan saus cocolan.

KOMPAS.com - Mendadak lapar menjelang jam tidur rasanya adalah permasalahan yang dihadapi banyak orang.

Kondisi ini selalu menjadi dilema karena pemahaman akan dampak buruk kebiasaan makan tengah malam. Makan sebelum tidur dipercaya dapat memicu kenaikan berat badan dan membuat gemuk.

Selain itu, kebiasaan ini juga dikatakan dapat menyebabkan masalah pencernaan dan mengganggu kualitas istirahat malam kita.

Namun, haruskan kita menahan rasa lapar dan pergi tidur dalam kondisi perut keroncongan?

Dikutip dari laman Eat This, boleh saja makan sebelum tidur asalkan kita hanya mengkonsumsi protein. Jika terpaksa, pastikan untuk memaksimalkan jumlah proteinnya dan jaga karbohidrat dan lemak seminimal mungkin.

Baca juga: Sulit Tahan Godaan Lapar Malam Hari, Pilih 5 Makanan Ini

Pasalnya, makanan tinggi protein, karbohidrat dan lemak kemungkinan mengandung kalori yang tinggi sehingga dapat menyebabkan penambahan berat badan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sebaliknya, pilihlah makanan yang mengandung protein terbaik. Sejumlah makanan yang direkomendasikan antara lain daging rendah lemak, ayam, ikan, telur, produk susu rendah lemak, dan olahan kedelai.

Selain jenis makanannya, perhatikan pula jumlah porsi yang dikonsumsi agar tidak berpengaruh buruk pada jam tidur.

Pangan tinggi protein yang mudah dicerna, seperti cairan, dalam porsi kecil adalah asupan terbaik apabila kita merasa lapar sebelum tidur.

Baca juga: Makan Malam untuk Diet, Sebaiknya Jam Berapa?

Protein dapat meningkatkan kualitas tidur

Sumber protein tertentu, seperti kalkun, ikan berlemak, dan kacang-kacangan tertentu bahkan dapat membantu meningkatkan kualitas tidur.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Sumber Eat This
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.