Kompas.com - 12/09/2021, 20:00 WIB

KOMPAS.com – Makanan yang mengandung garam tentu lebih lezat. Makanan asin juga menjadi camilan favorit banyak orang. Namun, perhatikan asupan garam yang aman agar tidak berlebihan.

Garam atau nama lainnya sodium atau natrium, adalah bagian penting dari pola makan kita. Sebagai elektrolit, sodium adalah kunci untuk menjaga homeostasis dalam tubuh, yang memungkinkan banyak fungsi tubuh beroperasi dengan lancar dan stabil.

Namun, mengonsumsi terlalu banyak sodium dapat membuat tubuh kita kehilangan keseimbangan dan menyebabkan beberapa efek samping secara langsung.

Para ahli merekomendasikan agar orang dewasa mengonsumsi tidak lebih dari 2.300 miligram natrium setiap hari, yang setara dengan sekitar satu sendok teh garam.

Namun, American Heart Association (AHA) menyarankan bahwa kebanyakan orang dewasa harus mengurangi asupan mereka menjadi hanya 1.500 miligram per hari untuk menjaga tekanan darah tetap dalam batas normal.

Baca juga: Tips Mengurangi Garam dalam Makanan Sehari-hari

Di bawah ini merupakan efek samping yang akan terjadi pada kita jika terlalu banyak mengkonsumsi natrium alias garam.

1. Menahan air

Pernahkah perut kita terasa kembung setelah makan sesuatu yang super asin, seperti sekantong keripik atau makanan cepat saji? 

Ini wajar saja terjadi karena ginjal akan menghemat air ekstra yang kita minum untuk mengimbangi natrium ekstra yang dikonsumsi dalam upaya mempertahankan rasio natrium-ke-air tertentu dalam tubuh.

Selain bagian perut, kita mungkin juga akan merasa bagian tubuh yang lain seperti mengembung atau bengkak, yaitu di tangan dan kaki.

Baca juga: Banyak Konsumsi Makanan Asin Berbahaya untuk Jantung, Kok Bisa?

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Sumber eatthis
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.