Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ketahui 4 Efek Samping Terlalu Banyak Konsumsi Garam

Kompas.com - 12/09/2021, 20:00 WIB
Intan Pitaloka,
Lusia Kus Anna

Tim Redaksi

Sumber eatthis

KOMPAS.com – Makanan yang mengandung garam tentu lebih lezat. Makanan asin juga menjadi camilan favorit banyak orang. Namun, perhatikan asupan garam yang aman agar tidak berlebihan.

Garam atau nama lainnya sodium atau natrium, adalah bagian penting dari pola makan kita. Sebagai elektrolit, sodium adalah kunci untuk menjaga homeostasis dalam tubuh, yang memungkinkan banyak fungsi tubuh beroperasi dengan lancar dan stabil.

Namun, mengonsumsi terlalu banyak sodium dapat membuat tubuh kita kehilangan keseimbangan dan menyebabkan beberapa efek samping secara langsung.

Para ahli merekomendasikan agar orang dewasa mengonsumsi tidak lebih dari 2.300 miligram natrium setiap hari, yang setara dengan sekitar satu sendok teh garam.

Namun, American Heart Association (AHA) menyarankan bahwa kebanyakan orang dewasa harus mengurangi asupan mereka menjadi hanya 1.500 miligram per hari untuk menjaga tekanan darah tetap dalam batas normal.

Baca juga: Tips Mengurangi Garam dalam Makanan Sehari-hari

Di bawah ini merupakan efek samping yang akan terjadi pada kita jika terlalu banyak mengkonsumsi natrium alias garam.

1. Menahan air

Pernahkah perut kita terasa kembung setelah makan sesuatu yang super asin, seperti sekantong keripik atau makanan cepat saji? 

Ini wajar saja terjadi karena ginjal akan menghemat air ekstra yang kita minum untuk mengimbangi natrium ekstra yang dikonsumsi dalam upaya mempertahankan rasio natrium-ke-air tertentu dalam tubuh.

Selain bagian perut, kita mungkin juga akan merasa bagian tubuh yang lain seperti mengembung atau bengkak, yaitu di tangan dan kaki.

Baca juga: Banyak Konsumsi Makanan Asin Berbahaya untuk Jantung, Kok Bisa?

2. Kita akan merasa sangat haus 

Berbicara tentang mengonsumsi air ekstra, ketika kita makan sesuatu yang penuh dengan natrium, itu dapat menyebabkan mulut kita terasa kering dan meningkatkan intensitas rasa haus kita.

Ini terjadi karena ada kaitannya dengan kebutuhan tubuh kita untuk mempertahankan rasio natrium-ke-air yang sangat spesifik itu.

Ketika kita mengalami sakit tenggorokan dan memilih mengobatinya dengan berkumur air garam selama beberapa menit, pasti setelahnya kita akan merasa sangat haus.

3. Tekanan darah sedikit naik

Halaman Berikutnya
Halaman:
Sumber eatthis
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com