Kompas.com - 12/09/2021, 20:28 WIB
Ilustrasi maskne, jerawatan karena memakai masker Ilustrasi maskne, jerawatan karena memakai masker

KOMPAS.com – Bisa dibilang, TikTok adalah gudangnya inspirasi. Banyak video dan tips menarik di dalamnya, termasuk tips perawatan kulit.

Namun, meski beberapa tips perawatan kulit di TikTok terlihat menggoda karena mudah dan hanya memerlukan barang di sekitar, ternyata ahli medis tidak berpikir kalau tips tersebut baik untuk kulit.

“Peting untuk selalu hati-hati dengan apa yang kita lihat di TikTok dan wajib mendiskusikannya dengan dokter kulit untuk memastikan apa yang cocok untuk kulit kita,” ujar Dr. Marisa Garshick.

Menurut Garshick, meski viral di TikTok, tak berarti metode itu aman dan baik bagi kulit kita.

Nah berikut ini, ada tujuh metode pengobatan jerawat ala TikTok yang tidak disukai dokter kulit, seperti dilansir dari Huffpost.

Baca juga: Viral di TikTok, Cara Merawat Kulit dengan Mentimun Beku

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

1. Pasta gigi sebagai spot treatment

Menurut Garshick, meletakkan pasta gigi di atas jarawat sebagai spot treatment memang telah eksis sejak lama. Ini karena pasta gigi mengandung bahan antibakteri seperti triclosan dan bahan pengering seperti baking soda dan hidrogen peroksida.

Namun, hal ini dapat menyebabkan iritasi dan kulit kering jika diaplikasikan begitu saja.

Lagipula, pasta gigi masa kini hampir tak memiliki triclosan. Meski ada sekalipun, tetap saja ada potensi iritasi dan terbakar.

“Ada berbagai bahan yang bisa melawan jerawat, seperti asam salisilat, benzoil peroksida, retinoid, dan banyak lagi, sehingga tidak perlu lagi bergantung pada pasta gigi untuk jerawat,” kata Garshick.

Baca juga: Jerawat di Dagu Bikin Gemas, Begini Cara Mengatasinya

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Sumber HuffPost
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.