Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

7 Pengobatan Jerawat ala TikTok yang Tidak Disukai Dokter Kulit

Kompas.com - 12/09/2021, 20:28 WIB
Anya Dellanita,
Lusia Kus Anna

Tim Redaksi

Sumber HuffPost

KOMPAS.com – Bisa dibilang, TikTok adalah gudangnya inspirasi. Banyak video dan tips menarik di dalamnya, termasuk tips perawatan kulit.

Namun, meski beberapa tips perawatan kulit di TikTok terlihat menggoda karena mudah dan hanya memerlukan barang di sekitar, ternyata ahli medis tidak berpikir kalau tips tersebut baik untuk kulit.

“Peting untuk selalu hati-hati dengan apa yang kita lihat di TikTok dan wajib mendiskusikannya dengan dokter kulit untuk memastikan apa yang cocok untuk kulit kita,” ujar Dr. Marisa Garshick.

Menurut Garshick, meski viral di TikTok, tak berarti metode itu aman dan baik bagi kulit kita.

Nah berikut ini, ada tujuh metode pengobatan jerawat ala TikTok yang tidak disukai dokter kulit, seperti dilansir dari Huffpost.

Baca juga: Viral di TikTok, Cara Merawat Kulit dengan Mentimun Beku

1. Pasta gigi sebagai spot treatment

Menurut Garshick, meletakkan pasta gigi di atas jarawat sebagai spot treatment memang telah eksis sejak lama. Ini karena pasta gigi mengandung bahan antibakteri seperti triclosan dan bahan pengering seperti baking soda dan hidrogen peroksida.

Namun, hal ini dapat menyebabkan iritasi dan kulit kering jika diaplikasikan begitu saja.

Lagipula, pasta gigi masa kini hampir tak memiliki triclosan. Meski ada sekalipun, tetap saja ada potensi iritasi dan terbakar.

“Ada berbagai bahan yang bisa melawan jerawat, seperti asam salisilat, benzoil peroksida, retinoid, dan banyak lagi, sehingga tidak perlu lagi bergantung pada pasta gigi untuk jerawat,” kata Garshick.

Baca juga: Jerawat di Dagu Bikin Gemas, Begini Cara Mengatasinya

2. ‘Potato hack’

Ada juga video “potato hack” di mana orang-orang menaruh potongan kentang segar di atas jerawat.

“Banyak yang mengatakan bahwa kentang memiliki kandungan kecil asam salisilat, namun meletakannya begitu saja ke jerawat parah itu konyol dan tidak efektif,” ujar Melanie D. Palm, dokter kulit bersertifikat dan direktur medis di Art of Skin MD di California Selatan.

Sebagian orang di TikTok mempraktikkan contouring menggunakan tabir surya.FREEPIK/GPOINTSTUDIO Sebagian orang di TikTok mempraktikkan contouring menggunakan tabir surya.

Palm mengungkapkan bahwa ia heran melihat orang-orang melakukan hal tersebut meski ada kandungan efektif di pasaran seperti retinoid yang disetujui oleh lembaga pengawasan obat.

Ia juga mengatakan bahwa meski jarang, alergi kentang dapat menimbulkan beberapa gejala parah, seperti seperti reaksi alergi silang terhadap kentang karena alergen lain, seperti lateks dan serbuk sari birch.

Baca juga: 5 Cara Cegah Jerawat akibat Sering Pakai Masker

Halaman Berikutnya
Halaman:
Sumber HuffPost
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com