Kompas.com - 12/09/2021, 21:00 WIB
Ilustrasi ShutterstockIlustrasi

KOMPAS.com - Nadine Chandrawinata memamerkan rambut barunya kala mengumumkan soal kehamilan anak pertamanya di Instagram.

Istri Dimas Anggara itu terlihat jauh lebih fresh dengan potongan rambut pendek di atas bahu. Penampilannya memang menjadi sedikit berbeda dibandingkan rambut panjangnya selama ini.

Dalam unggahannya, ia mengaku memotong rambutnya demi si buah hati meski tidak menguraikan alasannya lebih jauh.

Memotong rambut menjadi jauh lebih pendek memang menjadi keinginan banyak wanita ketika hamil. Umumnya, keinginan ini muncul akibat kerontokan yang parah, rasa gerah atau masalah hormonal lain yang dialami selama kehamilan.

Namun, tak banyak yang berani merealisasikan keinginannya ini karena takut berdampak buruk pada jabang bayi yang dikandung.

Baca juga: Agar Rambut Sehat, Perlukah Potong Rambut Tiap Bulan?

Selain itu, ada mitos dari berbagai kebudayaan yang mengatakan memotong rambut selama kehamilan dapat membawa nasib buruk.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Kepercayaan nenek moyak ini juga termasuk jika potong rambut ketika hamil dapat menyebabkan keguguran, komplikasi kehamilan, lahir mati, atau dapat menyebabkan komplikasi kesehatan setelah lahir.

Faktanya, tidak ada satupun mitos tersebut yang terbukti benar dan terjadi, dari segi ilmiah. Artinya, kita bebas memotong rambut meskipun sedang hamil, seperti dikutip dari laman First Cry Parenting. 

Terlebih lagi, perubahan hormon kehamilan terkadang membuat rambut menjadi kusam, tidak bernyawa, dan rapuh. Potong rambut bisa menjadi langkah yang taktis untuk kesehatan mahkota wanita itu.

Selain itu, memotong rambut bukanlah prosedur invasif yang mungkin berdampak pada kesehatan ibu hamil atau bayi.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.