Kompas.com - 13/09/2021, 08:48 WIB
Mengelola stres menjadi kunci untuk memiliki kesejahteraan mental atau well being. UNSPLASH/ELISA VENTURMengelola stres menjadi kunci untuk memiliki kesejahteraan mental atau well being.

KOMPAS.com - Ikatan Alumni Universitas Indonesia (Iluni UI) akan menyelenggarakan sesi konsuling gratis dengan 36 psikolog dari seluruh Indonesia untuk membantu masyarakat dalam meningkatkan kesejahteraan dan kesehatan mental.

Kegiatan yang bekerja sama dengan Hantari Consulting ini juga memiliki tiga rangkaian kegiatan webinar “Well-being Series Stay Cool” sejak bulan September hingga November 2021.

Inisiatif ini dilakukan menyusul banyaknya masyarakat yang mengalami stres di masa pandemi, di mana banyak orang sulit melakukan tatap muka dan kurang bersosialisasi.

Informasi tentang konsuling tersebut bisa diakses lewat Instagram @iluni.ui atau tautan bit.ly/staycoolunderstress.

Ketua Umum Iluni UI Andre Rahadian mengutip data International Journal of Environmental Research and Public Health tahun 2020 yang menunjukkan adanya penambahan stres pada masyarakat global selama pandemi terjadi, terutama pada individu dibawah usia 25 tahun.

Sejalan dengan hal itu, Journal of Medical Internet Research tahun 2020 mengungkapkan penurunan interaksi sosial menjadi salah satu penyebab stres hingga 86 persen.

"Kegiatan ini penting agar kita dapat saling mendukung, khususnya saat pandemi. Rangkaian webinar dan konseling ini mengajak masyarakat bisa lebih tenang dan tetap berprasangka positif. Kami hadir siap sedia membantu sebagai pendukung,” kata Andre, seperti dikutip dari keterangan tertulis.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: 3 Kunci Atasi Stres dan Meraih Sukses di Pekerjaan

Mengelola stres demi kesehatan mental

Ketika kesehatan mental terjaga dan stres dapat dikelola dengan baik, individu bisa bekerja secara produktif dan lebih berkontribusi bagi komunitasnya.SHUTTERSTOCK Ketika kesehatan mental terjaga dan stres dapat dikelola dengan baik, individu bisa bekerja secara produktif dan lebih berkontribusi bagi komunitasnya.
Menurut Psikolog Deasy M. Amrin, SPsi, seseorang bisa menjaga kesehatan mental ketika dia bisa mengelola tingkat stres pada dirinya.

Ketika kesehatan mental terjaga dan stres dapat dikelola dengan baik, individu bisa bekerja secara produktif dan lebih berkontribusi bagi komunitasnya.

Ketika kesehatan mental kita terjaga, artinya kita sudah berada dalam keadaan kesejahteraan (well-being) mental," ucap Deasy.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.