Kompas.com - 13/09/2021, 11:34 WIB
Menjaga tubuh tetap sehat dan bugar di usia 60 tahun dapat membantu kita mencegah penyakit terkait usia, seperti penyakit jantung dan diabetes, serta kemungkinan cedera karena jatuh. PEXELS/COTTONBROMenjaga tubuh tetap sehat dan bugar di usia 60 tahun dapat membantu kita mencegah penyakit terkait usia, seperti penyakit jantung dan diabetes, serta kemungkinan cedera karena jatuh.

KOMPAS.com - Menjaga tubuh tetap sehat dan bugar di usia 60 tahun dapat membantu kita mencegah penyakit terkait usia, seperti penyakit jantung dan diabetes, serta kemungkinan cedera karena jatuh.

Kebugaran dapat dijaga dengan melakukan olahraga dan aktivitas fisik rutin. Meski begitu, menentukan jenis olahraga yang tepat memang cukup menantang ketika sudah memasuki usia 60 tahun.

Olahraga untuk pria usia 60 tahun

Ketika memasuki usia 60 tahun, penting untuk merencanakan pola olahraga yang tepat. Idealnya, lakukan olahraga ketahanan selama 150 menit dalam seminggu. Ini bisa berupa jalan kaki, jogging, berenang, hingga bersepeda,

Selain itu, selipkan latihan kekuatan, fleksibilitas, dan keseimbangan di dalam rutinitas tersebut.

Melansir Healthline, Pusat Pencegahan dan Pengendalian Penyakit AS (CDC) menyebutkan secara rinci saran olahraga untuk orang berusia 65 tahun ke atas yang memilii kondisi sehat.

Kita dapat membaginya menjadi sesi latihan 10-15 menit yang dilakukan dua kali dalam sehari.

Baca juga: Manfaat Olahraga Rutin Bagi Orang di Atas 60 Tahun

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Jenis olahraga untuk pria usia 60 tahun

1. Latihan keseimbangan dan fleksibilitas

Melakukan olahraga fleksibilitas seperti tai chi, yoga atau Pilates juga dapat membantu kita tetap lentur dan menjaga keseimbangan yang baik bagi pria usia 60 tahun ke atas.PEXELS/MARCUS AURELIUS Melakukan olahraga fleksibilitas seperti tai chi, yoga atau Pilates juga dapat membantu kita tetap lentur dan menjaga keseimbangan yang baik bagi pria usia 60 tahun ke atas.
Menurut Livestrong, latihan keseimbangan dan fleksibilitas sangat baik untuk mengurangi risiko jatuh dan meringankan kita ketika melakukan aktivitas harian.

Untuk melatih keseimbangan, cobalah berdiri dengan satu kaki atau berjalan menggunakan tumit ke ujung kaki.

Sementara untuk meningkatkan fleksibilitas, lakukan peregangan kelompok otot dengan lembut, seperti betis atau bahu. Regangkan sejauh mungkin tanpa mengalami rasa sakit, lalu tahan posisi tersebut selama 10-30 detik.

Melakukan olahraga seperti tai chi, yoga atau Pilates juga dapat membantu kita tetap lentur dan menjaga keseimbangan yang baik bagi pria usia 60 tahun ke atas.

Baca juga: Latihan Yoga Bantu Tingkatkan Imun Tubuh dan Redakan Depresi

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.