Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - Diperbarui 11/09/2022, 20:59 WIB
Anya Dellanita,
Glori K. Wadrianto

Tim Redaksi

Sumber yourtango

KOMPAS.com – Pernahkah kamu bermimpi tentang seseorang?

Konon, jika kita memimpikan tentang seseorang, berarti orang itu sedang memikirkan kita atau kita akan segera bertemu dengannya.

Namun, kenyataannya tidak demikian. Sebab, mimpi tidak dipicu oleh peristiwa eksternal, bukan ekspresi dari kebutuhan dan keinginan bawah sadar kita.

Lantas, apa artinya?

Beberapa penafsir mimpi mengatakan, semua orang yang ada dalam mimpi kita sebenarnya adalah kita sendiri, meski berbeda versi.

Baca juga: Tidur Tengkurap Sebabkan Anda Bermimpi Erotis

Dalam teori ini, apa yang kita rasakan tentang orang-orang dalam mimpi akan memberi kita pemahaman tentang makna mimpi itu.

Kendati demikian, masih ada faktor penting lainnya yang dapat membantu kita memahami arti mimpi bertemu dengan seseorang, seperti waktu mimpi terjadi atau simbol dalam mimpi.

Terkait waktu, ada tiga tahapan mimpi yang memiliki fungsi berbeda.

Pertama, wishful thinking stage, di mana pikiran mengatur semua informasi yang kita koleksi dan membaginya ke dalam kategori yang spesifik.

Ini mimpi yang terjadi saat tidur siang singkat.

Lalu, ada tahap precognitive, dengan pikiran mempediksi ke mana kita akan pergi, berdasarkan informasi dalam tahap wishful thinking stage.

Baca juga: Apakah Bayi Bermimpi Saat Tidur?

Misalnya, saat kita mengalami banyak masalah, membuat mimpi memasukkan orang yang tidak kita sukai.

Terakhir, ada venting stage, mimpi yang terjadi selama tahap rapid eye movement -REM (sudah tak terlalu pulas) terakhir di pagi hari sebelum bangun.

Konon, mmpi ini terjadi ketika pikiran berusaha untuk melepaskan sesuatu yang tak lagi diperlukan, atau bisa terjadi saat mengumpulkan banyak informasi.

Saar kita memimpikan seseorang yang telah meninggal, misalnya. Bisa saja ini berarti kita tengah berusaha untuk “berdamai” dengan sesuatu di dunia nyata yang akan segera berakhir.

Halaman:
Sumber yourtango


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com