Kompas.com - 14/09/2021, 11:48 WIB
Ilustrasi SHUTTERSTOCKIlustrasi

KOMPAS.com – Kepedulian pada bentuk tubuh biasanya memang baru dimiliki oleh anak usia praremaja. Namun, tak jarang anak yang lebih kecil, bahkan usia balita sudah khawatir jika tubuhnya gemuk.

Kegemukan pada anak sebenarnya memiliki beberapa dampak negatif, seperti meningkatnya risiko diabetes, asma dan penyakit jantung. Namun, membuat anak diet terbukti tidak mengurangi risiko masalah kesehatan dan bisa menjadi faktor yang menyebabkan masalah pola makan.

Lantas, apa yang perlu dilakukan orangtua agar anak tetap sehat sambil tetap mencintai tubuhnya?

Berikut ini ada beberapa hal yang bisa orangtua lakukan jika anak mulai takut merasa gemuk sambil tetap menjaga kesehatannya.

Baca juga: Tips Ajak Anak Obesitas untuk Jalani Gaya Hidup Sehat

Tidak membicarakan diet

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

American Academy of Pediatrics menyarankan agar orangtua dan dokter anak tidak terlalu membahas berat badan dan diet. Lebih baik orangtua membicarakan tentang cara membangun kebiasaan hidup sehat bersama anak, terlepas dari ukuran tubuhnya.

"Jika selalu berbicara soal porsi makan atau membatasi makan dessert, anak akan semakin malu,” ujar ahli diet Maryann Jacobsen.

Lebih baik membuat anak memahami rasa lapar dan kenyang mereka, tidur yang cukup, dan aktif secara fisik. Biasanya, berat anak akan turun dengan sendirinya.

Orangtua tidak boleh berbicara negatif tentang tubuh sendiri

Berbicara negatif tentang bentuk tubuh hanya akan berdampak buruk dan memperparah kondisi anak. Lebih baik, biarkan anak melihat orangtuanya menerima dan menyayangi tubuhnya sendiri.

Baca juga: Seperti Tara Basro, Yuk Mulai Cintai Bentuk Tubuh Kita..

Halaman:


Sumber Parents
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.