Kompas.com - 14/09/2021, 21:00 WIB
Stres berlebih ternyata dapat memicu berbagai masalah kesehatan, di antaranya masalah kardiovaskular, serangan jantung, dan juga stroke. SHUTTERSTOCK/DAVIDA SStres berlebih ternyata dapat memicu berbagai masalah kesehatan, di antaranya masalah kardiovaskular, serangan jantung, dan juga stroke.

KOMPAS.com - Memiliki tingkat stres yang tinggi dari waktu ke waktu ternyata menempatkan kita pada risiko terkena tekanan darah tinggi atau hipertensi, serangan jantung, dan stroke.

Hal itu juga ditunjukkan dalam sebuah studi yang diterbitkan di jurnal Circulation oleh American Heart Association (AHA).

"Ini adalah studi yang menggambarkan bagaimana hubungan antara pikiran dan kesehatan jantung seseorang."

Demikian kata ahli jantung dan profesor kedokteran di Baylor College of Medicine di Houston, Ameria Serikat, Dr Glenn Levine.

Baca juga: Rutin Meditasi Tekan Risiko Penyakit Kardiovaskular, Apa Sebabnya?

"Stres, depresi, frustrasi, kemarahan, dan emosi negatif lainnya tidak hanya membuat kita menjadi orang yang tidak bahagia, tetapi juga berdampak negatif pada kesehatan dan umur panjang," sambung dia.

Saat mengembangkan studi AHA, Dr Levine juga melihat semua data dan menyimpulkan bahwa faktor kesehatan psikologis negatif terkait dengan banyak faktor risiko penyakit kardiovaskular.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Kabar baiknya, karena pikiran, hati, dan tubuh saling berhubungan dan saling bergantung, seseorang dapat meningkatkan kesehatan kardiovaskularnya dengan mengupayakan pandangan psikologis yang lebih positif.

"Kita dapat memutuskan untuk mengubah pola pikir tentang situasi stres itu atau menetapkan batasan untuk menjaga agar stres tidak menjadi racun."

Demikian diterangkan pakar manajemen stres, Dr Cynthia Ackrill.

"Kita tidak boleh mengabaikan kemampuan kita untuk berperan dalam kesejahteraan hidup," lanjut dia.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Sumber CNN
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.