Kompas.com - 14/09/2021, 21:07 WIB
Ilustrasi olahraga bersama DragonImagesIlustrasi olahraga bersama
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Menerapkan gaya hidup aktif di masa pandemi memiliki banyak keuntungan, salah satunya dapat meningkatkan daya tahan tubuh untuk mencegah Covid-19.

Meski pemerintah masih menerapkan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) saat ini, namun hal itu tidak menyurutkan niat beberapa orang untuk tetap aktif berolahraga.

Menurut survei online yang dilakukan oleh LIPI pada Desember 2020 kepada 321 responden, 1 dari 52 orang yang sebelumnya tidak berolahraga memulai kebiasaan berolahraga saat masa pandemi.

Selain itu, hampir separuh dari responden yang sudah berolahraga sejak sebelum pandemi mengubah aktivitas olahraganya menjadi lebih baik dengan meningkatkan durasi berolahraga dan menambah jenis olahraga yang dilakukan.

Baca juga: Manfaat Olahraga Rutin, Bikin Bahagia hingga Menambah Daya Ingat

"Gaya hidup sedentari atau kurang aktif memang sudah menjadi salah satu masalah di Indonesia, bahkan jauh sebelum pandemi."

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Demikian penuturan dokter spesialis kedokteran olahraga, Dr Andhika Raspati, SpKO dalam konferensi pers peluncuran Activ Water melalui aplikasi Zoom, Selasa (14/9/2021).

"Tapi sekarang semakin banyak orang yang mulai berolahraga dan lebih aktif bergerak secara rutin meskipun mobilitas di luar rumah masih terbatas," sambung dia.

Dokter Andhika juga mengungkapkan bahwa gaya hidup aktif sangatlah penting untuk menjaga kesehatan dan imunitas tubuh kita.

Apalagi, aktif bergerak tidak hanya dapat mencegah penyakit Covid-19 saja, tetapi juga sejumlah penyakit di luar Covid-19 yang sama-sama berbahaya.

"Dalam beberapa penelitian disebutkan bahwa orang-orang yang suka rebahan dan jarang bergerak selama masa pandemi rentan terkena Covid-19 dan penyakit kronis lainnya," kata Dr Andhika.

Baca juga: Untuk Kaum Rebahan, Berikut 8 Tanda Kamu Tak Cukup Banyak Bergerak

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.