Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - Diperbarui 15/09/2021, 06:27 WIB
Nabilla Tashandra

Editor

KOMPAS.com - Sarapan sangatlah penting bagi kesehatan dan sebaiknya tak ditinggalkan.

Menurut buku Sarapan Pagi & Produktivitas (2015) yang ditulis oleh DR dr Edi Hartoyo, SpA(K); Prof DR Qomariyatus Sholihah, Amd hyp, ST, MKes; Rahmi Fauzia, MA, Psi; dan Dwi Nur Rachmah, SPsi, MA, sarapan adalah kegiatan penting yang dilakukan sebelum kita beraktivitas fisik di pagi hari berupa mengonsumsi makanan yang terdiri dari makanan pokok dan lauk pauk atau kudapan.

Jumlah sarapan yang disarankan untuk memenuhi jumlah kalori adalah 300-500 kkal.

Baca juga: 5 Menu Sarapan untuk Meningkatkan Kekuatan Otak Anak

Sarapan yang baik jam berapa?

Sarapan yang baik dan sehat sebaiknya dilakukan dalam dua jam setelah bangun tidur.SHUTTERSTOCK Sarapan yang baik dan sehat sebaiknya dilakukan dalam dua jam setelah bangun tidur.
Waktu sarapan setiap orang bisa berbeda-beda tergantung dari sejumlah faktor, seperti waktu bangun dan berbagai jenis aktivitas di pagi hari.

Namun, untuk menjawab pertanyaan sarapan yang baik jam berapa, ahli gizi teregistrasi dari Philadelphia, Theresa Shank, merekomendasikan sarapan sebaiknya dilakukan dalam waktu dua jam setelah kita bangun.

"Makan di dalam periode waktu ini membantu mengatur kecepatan untuk napsu makan yang sehat dan menstabilkan gula darah sepanjang hari," katanya, seperti dilansir Women's Health.

Kondisi gula darah yang terganggu sering kali memicu rasa lapar serta keinginan mengemil dan makan berlebih, yang tentunya perlu dihindari.

Selain itu, sarapan segera setelah bangun tidur juga dapat membantu metabolisme tubuh.

"Begitu kita bangun, tubuh perlu mempercepat dan keluar dari keadaan puasa sepanjang malam," ucapnya.

Jendela sarapan dua jam ini berlaku bagi sebagian besar orang. Jika memiliki kondisi kesehatan tertentu seperti diabetes, memiliki kadar gula darah yang stabil bahkan lebih penting.

"Kita perlu menjaga jarak waktu antara bangun dan sarapan lebih pendek. Tujuannya untuk menjaga kadar glukosa tetap seimbang," ucap Maya Feller, RD dari Maya Feller Nutrition di Brooklyn, New York.

Baca juga: Catat, Ini Menu Sarapan yang Harus Dihindari Penderita Gerd

Jangan sarapan terlalu siang

Sarapan idealnya dilakukan dalam dua jam setelah bangun tidur dan tidak lebih dari jam 09.00.SHUTTERSTOCk Sarapan idealnya dilakukan dalam dua jam setelah bangun tidur dan tidak lebih dari jam 09.00.
Waktu bangun tidur memang memengaruhi waktu sarapan seseorang. Namun, secara umum, kita ternyata tak dianjurkan sarapan terlalu siang.

Mengutip pemberitaan Kompas.com, (29/1/2019), Guru Besar Pangan dan Gizi IPB Prof Dr Ir Ali Khomsan, MS juga menganjurkan sarapan dalam dua jam setelah bangun tidur.

Namun, waktu sarapan idealnya dilakukan sebelum pukul 09.00.

Alasannya, sarapan terlalu siang akan membuat kita terlalu kenyang untuk makan siang. Pada akhirnya, waktu makan siang yang idealnya dilakukan sekitar pukul 12.00 akan bergeser.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com