Kompas.com - Diperbarui 15/09/2021, 06:27 WIB
Sarapan sangatlah penting bagi kesehatan dan sebaiknya tak ditinggalkan. FREEPIK/SENIVPETROSarapan sangatlah penting bagi kesehatan dan sebaiknya tak ditinggalkan.

KOMPAS.com - Sarapan sangatlah penting bagi kesehatan dan sebaiknya tak ditinggalkan.

Menurut buku Sarapan Pagi & Produktivitas (2015) yang ditulis oleh DR dr Edi Hartoyo, SpA(K); Prof DR Qomariyatus Sholihah, Amd hyp, ST, MKes; Rahmi Fauzia, MA, Psi; dan Dwi Nur Rachmah, SPsi, MA, sarapan adalah kegiatan penting yang dilakukan sebelum kita beraktivitas fisik di pagi hari berupa mengonsumsi makanan yang terdiri dari makanan pokok dan lauk pauk atau kudapan.

Jumlah sarapan yang disarankan untuk memenuhi jumlah kalori adalah 300-500 kkal.

Baca juga: 5 Menu Sarapan untuk Meningkatkan Kekuatan Otak Anak

Sarapan yang baik jam berapa?

Sarapan yang baik dan sehat sebaiknya dilakukan dalam dua jam setelah bangun tidur.SHUTTERSTOCK Sarapan yang baik dan sehat sebaiknya dilakukan dalam dua jam setelah bangun tidur.
Waktu sarapan setiap orang bisa berbeda-beda tergantung dari sejumlah faktor, seperti waktu bangun dan berbagai jenis aktivitas di pagi hari.

Namun, untuk menjawab pertanyaan sarapan yang baik jam berapa, ahli gizi teregistrasi dari Philadelphia, Theresa Shank, merekomendasikan sarapan sebaiknya dilakukan dalam waktu dua jam setelah kita bangun.

"Makan di dalam periode waktu ini membantu mengatur kecepatan untuk napsu makan yang sehat dan menstabilkan gula darah sepanjang hari," katanya, seperti dilansir Women's Health.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Kondisi gula darah yang terganggu sering kali memicu rasa lapar serta keinginan mengemil dan makan berlebih, yang tentunya perlu dihindari.

Selain itu, sarapan segera setelah bangun tidur juga dapat membantu metabolisme tubuh.

"Begitu kita bangun, tubuh perlu mempercepat dan keluar dari keadaan puasa sepanjang malam," ucapnya.

Jendela sarapan dua jam ini berlaku bagi sebagian besar orang. Jika memiliki kondisi kesehatan tertentu seperti diabetes, memiliki kadar gula darah yang stabil bahkan lebih penting.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.