Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 15/09/2021, 08:44 WIB
Intan Pitaloka,
Lusia Kus Anna

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Kutu busuk termasuk hama yang sering bersarang di rumah. Kutu busuk dapat bertahan di suhu 7 sampai 45 derajat celcius sehingga ditemukan di seluruh dunia. Walau tidak menyebabkan penyakit, tetapi gigitannya dapat menyebabkan gatal dan iritasi kulit.

Kutu busuk tidak hanya ada di kasur dan bantal saja sehingga kita perlu lebih teliti membersihkan rumah.

“Kutu busuk dapat dengan mudah menumpang dari satu tempat ke tempat lain melalui barang-barang pribadi,” kata Rick Cooper, direktur senior layanan teknis dengan Terminix Commercial.

Jika kita menjumpai kutu busuk di rumah, periksa dan bersihkan juga tempat-tempat tak terduga ini di rumah. 

Baca juga: Waspada, Begini Cara Kutu Busuk Menyebar dan Bersembunyi di Rumah

1. Lemari

Kutu busuk suka bersembunyi di tempat-tempat yang empuk, terutama di tempat yang dapat membuatnya terhindar dari sinar matahari. Itulah mengapa lemari pakaian dapat menjadi salah satu tempat bersarangnya.

“Tekstil, furnitur berlapis kain, pakaian, gorden dan tirai, bantal adalah area yang paling sering dilupakan orang saat menangani kutu busuk,” kata Harriet Jones, supervisor pemeliharaan di Go Cleaners London.

Untungnya, tempat itu juga salah satu tempat yang paling mudah untuk dibersihkan dari kutu busuk. Untuk mengusirnya dari lemari, kita hanya perlu mencuci dan mengeringkan semua pakaian kita.

Untuk barang-barang yang tidak bisa masuk pengering, periksa dengan sikat kaku dan periksa seluruh bagiannya sebelum menyimpannya kembali ke dalam lemari.

Baca juga: Seberapa Sering Sprei Harus Dicuci?

2. Laci

Setelah memeriksa lemari, periksa juga laci dan tempat-tempat penyimpanan kain. Ya, bahkan di kamar mandi dan dapur.

Rak penyimpanan dapur vintage yang cantik berwarna beige karya Devol Kitchenblog.sampleboard.com Rak penyimpanan dapur vintage yang cantik berwarna beige karya Devol Kitchen

“Selain tempat persembunyian kutu busuk yang biasa seperti di celah-celah kasur, kutu busuk juga sering ditemukan di bingkai dan kepala tempat tidur kita, di nakas atau bahkan lemari, terutama yang ada lacinya,” jelas Kristiana Kripena, ahli pengendalian hama dari InsectCop.net.

Untuk laci, ada langkah ekstra. Dengan menggunakan sikat gigi atau sejenisnya, periksa sudut-sudut laci serta bagian atas dalam dan di bawah laci.

Berikan perhatian khusus pada tempat-tempat kecil yang biasanya tidak dapat kita lihat. Kutu busuk dapat bersembunyi di celah-celah kecil, sehingga jangan biarkan ada ruang yang tidak tersentuh.

Baca juga: 5 Cara Rumahan untuk Mengusir Semut di Dalam Rumah

3. Bingkai foto

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com