Kompas.com - 15/09/2021, 09:53 WIB
Ilustrasi beras cokelat shutterstockIlustrasi beras cokelat

KOMPAS.com - Berat cokelat atau brown rice dikategorikan sebagai gandum utuh yang lebih sehat karena memiliki dedak (sumber serat) dan benih yang utuh.

Beberapa penelitian juga telah menunjukkan, mengganti nasi putih dengan beras cokelat dapat mengurangi risiko diabetes tipe 2.

Baca juga: Beras Cokelat vs Beras Putih, Mana yang Lebih Sehat?

"Beras cokelat memberikan nutrisi yang lebih penting dibandingkan dengan nasi putih, termasuk magnesium, zat besi, serat, vitamin B, dan antioksidan," kata Lisa Moskovitz, RD, CEO NY Nutrition.

Meskipun beras cokelat sebagian besar bergizi, namun kita juga perlu mengetahui beberapa efek samping yang mungkin tidak kita sadari.

1. Memiliki jejak arsenik

Moskovitz mengatakan, beras cokelat mungkin lebih tinggi dalam bahan kimia beracun yang disebut arsenik, yang terkait dengan kanker, penyakit jantung, dan diabetes.

"Ini secara alami ada di lingkungan kita, tetapi dapat lebih terkonsentrasi pada makanan tertentu seperti produk beras," ujar dia.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Tidak seperti tanaman pangan lainnya, beras mengakumulasi arsenik dalam konsentrasi 10 kali lebih tinggi dari biji-bijian lainnya.

Fakta menariknya, arsenik didistribusikan ke seluruh biji-bijian untuk beras putih dan beras cokelat cenderung memiliki arsenik di permukaan biji-bijian.

Sebuah penelitian yang membandingkan jumlah arsenik dalam beras menunjukkan, beras cokelat memiliki lebih banyak arsenik anorganik daripada beras putih.

Baca juga: 11 Manfaat Makan Beras Cokelat, Termasuk Atasi Obesitas

Menurut ahli gizi, Melissa Mitri, MS, RD, membilas beras dengan banyak air sebelum dimasak akan membantu mengurangi jumlah arsenik.

Halaman:


Sumber Eat This
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.