Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 15/09/2021, 13:40 WIB
Ryan Sara Pratiwi,
Lusia Kus Anna

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Beberapa waktu yang lalu, Korea Utara (Korut) menggelar parade yang menampilkan anjing militer dan para tentara dalam setelan hazmat berwarna oranye.

Namun, dalam parade tersebut, pemimpin Kim Jong Un masih tetap menjadi sorotan dengan tampilan tubuhnya yang lebih kurus dan lebih energik daripada tahun-tahun sebelumnya.

Kim yang muncul saat waktu sudah menunjukkan tengah malam itu mengenakan setelan berwarna abu-abu dan dasi putih mengilap.

Dia tampak berseri-seri menanggapi tepuk tangan gemuruh dari warga yang menonton parade militer di Lapangan Kim Il Sung, Pyongyang.

Kim tersenyum lebar, melambai ke kerumunan dan mencium anak-anak yang memberinya bunga sebelum mengambil tempatnya di balkon untuk mengamati parade.

Baca juga: Sempat Dikabarkan Sakit, Apa Penyebab Kim Jong-un Kini Tampak Kurus?

Kim juga sempat terlihat tertawa terbahak-bahak dan memberi tepuk tangan kepada para pengikut parade sepanjang acara, sambil mengobrol dengan pejabat senior.

Foto yang dirilis Pemerintah Korea Utara menunjukkan Kim Jong Un (tengah) melambaikan tangan kepada barisan tentara dan penonton dalan perayaan HUT ke-73 Korut, di Lapangan Kim Il Sung, Pyongyang, Kamis (9/9/2021). Foto ini tidak bisa diverifikasi secara independen, karena jurnalis luar tidak diberi akses meliput acara.KCNA/KOREA NEWS SERVICE via AP Foto yang dirilis Pemerintah Korea Utara menunjukkan Kim Jong Un (tengah) melambaikan tangan kepada barisan tentara dan penonton dalan perayaan HUT ke-73 Korut, di Lapangan Kim Il Sung, Pyongyang, Kamis (9/9/2021). Foto ini tidak bisa diverifikasi secara independen, karena jurnalis luar tidak diberi akses meliput acara.

Itu adalah perubahan besar dari tahun 2018, ketika dia berjuang untuk mengatur napas saat menemani Presiden Korea Selatan, Moon Jae-in dalam perjalanan singkat ke Gunung Paektu di Korea Utara selama periode keterlibatan diplomatik.

Moon, yang tiga dekade lebih tua dari Kim, sama sekali tidak terlihat terganggu dengan jalan-jalan itu.

"Wajahnya jelas lebih kurus dan dia bergerak jauh lebih bersemangat," kata Park Won-gon, seorang profesor studi Korea Utara di Universitas Ewha Womans Seoul.

Baca juga: Dicari: Siapa Kandidat Pengganti Penguasa Korea Utara Kim Jong-un?

Memperbaiki citra politik

Penurunan berat badan Kim sudah mulai terlihat pada bulan Juni, ketika dia membuat penampilan publik pertamanya untuk mengadakan pertemuan dengan partai yang berkuasa.

Beberapa pengamat Korut kemudian mengatakan bahwa Kim, yang tingginya sekitar 172 cm dan sebelumnya memiliki berat 139 kg, mungkin telah kehilangan 9-19 kg.

Sebagian besar ahli mengungkapkan, penurunan berat badan Kim adalah upaya dirinya untuk memperbaiki bentuk tubuh daripada indikator masalah kesehatan, mengingat aktivitas publiknya yang rutin dan mungkin ada unsur tujuan politik.

Kim mungkin menghadapi momen terberatnya saat mendekati satu dekade pemerintahan.

Saat ini, Korea Utara bergulat dengan sanksi ekonomi yang dipimpin AS atas senjata nuklirnya, penutupan perbatasan pandemi yang menyebabkan ketegangan lebih lanjut pada ekonominya yang hancur, dan kekurangan makanan yang diperburuk oleh banjir baru-baru ini.

Baca juga: Usai Uji Coba Misil Jelajah, Korea Utara Disebut Luncurkan Rudal Balistik

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com