Kompas.com - 15/09/2021, 13:40 WIB
Dalam foto yang dirilis kantor berita Korea Utara KCNA, Pemimpin Kim Jong Un berjalan didampingi dua anak dalam parade militer merayakan 73 tahun berdirinya Korea Utara di Lapangan Kim Il Sung, Pyongyang, pada Kamis dini hari, 9 September 2021. AP PHOTO/KCNA via KNSDalam foto yang dirilis kantor berita Korea Utara KCNA, Pemimpin Kim Jong Un berjalan didampingi dua anak dalam parade militer merayakan 73 tahun berdirinya Korea Utara di Lapangan Kim Il Sung, Pyongyang, pada Kamis dini hari, 9 September 2021.

KOMPAS.com - Beberapa waktu yang lalu, Korea Utara (Korut) menggelar parade yang menampilkan anjing militer dan para tentara dalam setelan hazmat berwarna oranye.

Namun, dalam parade tersebut, pemimpin Kim Jong Un masih tetap menjadi sorotan dengan tampilan tubuhnya yang lebih kurus dan lebih energik daripada tahun-tahun sebelumnya.

Kim yang muncul saat waktu sudah menunjukkan tengah malam itu mengenakan setelan berwarna abu-abu dan dasi putih mengilap.

Dia tampak berseri-seri menanggapi tepuk tangan gemuruh dari warga yang menonton parade militer di Lapangan Kim Il Sung, Pyongyang.

Kim tersenyum lebar, melambai ke kerumunan dan mencium anak-anak yang memberinya bunga sebelum mengambil tempatnya di balkon untuk mengamati parade.

Baca juga: Sempat Dikabarkan Sakit, Apa Penyebab Kim Jong-un Kini Tampak Kurus?

Kim juga sempat terlihat tertawa terbahak-bahak dan memberi tepuk tangan kepada para pengikut parade sepanjang acara, sambil mengobrol dengan pejabat senior.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Foto yang dirilis Pemerintah Korea Utara menunjukkan Kim Jong Un (tengah) melambaikan tangan kepada barisan tentara dan penonton dalan perayaan HUT ke-73 Korut, di Lapangan Kim Il Sung, Pyongyang, Kamis (9/9/2021). Foto ini tidak bisa diverifikasi secara independen, karena jurnalis luar tidak diberi akses meliput acara.KCNA/KOREA NEWS SERVICE via AP Foto yang dirilis Pemerintah Korea Utara menunjukkan Kim Jong Un (tengah) melambaikan tangan kepada barisan tentara dan penonton dalan perayaan HUT ke-73 Korut, di Lapangan Kim Il Sung, Pyongyang, Kamis (9/9/2021). Foto ini tidak bisa diverifikasi secara independen, karena jurnalis luar tidak diberi akses meliput acara.

Itu adalah perubahan besar dari tahun 2018, ketika dia berjuang untuk mengatur napas saat menemani Presiden Korea Selatan, Moon Jae-in dalam perjalanan singkat ke Gunung Paektu di Korea Utara selama periode keterlibatan diplomatik.

Moon, yang tiga dekade lebih tua dari Kim, sama sekali tidak terlihat terganggu dengan jalan-jalan itu.

"Wajahnya jelas lebih kurus dan dia bergerak jauh lebih bersemangat," kata Park Won-gon, seorang profesor studi Korea Utara di Universitas Ewha Womans Seoul.

Baca juga: Dicari: Siapa Kandidat Pengganti Penguasa Korea Utara Kim Jong-un?

Memperbaiki citra politik

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.