Kompas.com - 15/09/2021, 21:32 WIB
Botol aluminium kemasan isi ulang The Body Shop The Body Shop IndonesiaBotol aluminium kemasan isi ulang The Body Shop
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Banyak di antara kita yang terbiasa membuang kemasan sampo, sabun cair, pelembap, atau kosmetik begitu saja. Tapi tahukah kamu ke mana kemasan yang kebanyakan terbuat dari plastik itu berakhir?

Tentu ada yang didaur ulang. Tapi kebanyakan akan menjadi sampah plastik yang mengotori Bumi termasuk sungai dan lautan, lalu terurai menjadi mikro plastik, termakan ikan atau hewan lain, dan akhirnya masuk ke tubuh kita saat kita makan atau minum.

Menurut catatan yang dikeluarkan The National Plastic Action Partnership (NPAP), setiap tahun ada sekitar 4,8 juta ton sampah plastik di Indonesia tidak terkelola dengan baik.

Sampah ini sebagian dibakar di ruang terbuka (48%), tidak dikelola dengan layak di tempat pembuangan sampah resmi (13%), dan sisanya mencemari saluran air dan laut (9%).

Jumlah sampah plastik ini terus bertambah tiap tahun, dan dikhawatirkan pada tahun 2050 akan ada lebih banyak sampah plastik di lautan dibanding ikan. Mengerikan sekali bukan?

Didasari oleh fakta yang mengkhawatirkan ini, The Body Shop Indonesia mengkampanyekan gerakan #KerenTanpaNyampah sebagai bagian dari gaya hidup normal baru.

Tujuannya agar orang memiliki kebiasaan baru yaitu tidak membuang kemasan kosmetik, baik itu botol sampo, sabun dan lainnya, ke tempat sampah.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Lalu harus dibuang ke mana?

Nah, The Body Shop menawarkan dua program unik, yang pertama adalah penyempurnaan program Bring Back Our Bottles (BBOB) 2.0, dan kedua adalah penyediaan Refill Station di gerai-gerai brand tersebut.

Kedua program ini diharapkan dapat menyelamatkan hingga 2 juta sampah botol kemasan sehingga dapat mengurangi beban di Tempat Pembuangan Sampah Akhir (TPA).

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.