Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 16/09/2021, 05:00 WIB
Ryan Sara Pratiwi,
Glori K. Wadrianto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Pandemi Covid-19 telah membuat banyak orang menderita sakit yang parah bahkan hingga menemui ajal, terutama bagi mereka yang belum mendapatkan vaksin.

Hal ini juga terjadi di ruang intensive care unit (ICU) di Rumah Sakit Georgia, Amerika Serikat.

Melalui unggahan videonya di aplikasi TikTok, seorang perawat di ICU tersebut, Mae Rice, memperlihatkan bunyi alarm yang tidak ada henti-hentinya, sebagai tanda vital telah mencapai batas kritis.

Baca juga: Jelang Meninggal karena Covid-19, Bintang TikTok Sebar Ajakan Divaksin

"Sebagian besar dari 30 pasien yang dirawat saat ini tidak akan bertahan dalam beberapa hari ke depan dan semuanya belum divaksin," tulisnya dalam video.

Awalnya, video yang diunggah di akun @nurse_sushi itu tidak tampak luar biasa di tengah begitu banyaknya konten mengenai Covid-19 yang membanjiri TikTok.

Namun, beberapa hari setelah dia mengunggahnya pada 19 Agustus, video itu menjadi viral.

Suguhan itu lantas dipenuhi dengan komentar yang menyebutkan bahwa video itu memotivasi orang-orang untuk segera divaksin.

"Sebagian besar orang belum pernah mendengar suara alarm itu sebelumnya," ujar Rice kepada Insider.

Bunyi alarm konstan dimulai beberapa bulan yang lalu ketika varian delta mulai melonjak dan dia terkejut melihat betapa hal itu tampak menakuti orang-orang.

Bagi banyak orang, video unggahan Rice berhasil menyampaikan pemahaman sensorik tentang kesulitan ICU yang harus menangani banyak pasien Covid-19 dalam kondisi kritis.

Oleh karena itu, mereka cukup terpengaruh dengan video emosional milik Rice dan memutuskan untuk segera mendapatkan vaksin.

Baca juga: Tertular Covid-19 Varian Delta, Hillary Duff Bersyukur Sudah Divaksin

Video yang memotivasi orang untuk divaksin

https://www.tiktok.com/@nurse_sushi/video/6998078138420890886?referer_url=https%3A%2F%2Fwww.insider.com%2F&referer_video_id=6998078138420890886&refer=embed&is_copy_url=0&is_from_webapp=v1&sender_device=pc&sender_web_id=6978688985371756033

Seorang pekerja perhotelan di Philadelphia, Sarah Draissi (21), mengaku telah berupaya keras mempelajari Covid-19 secara online.

Tetapi, sampai pada bulan Agustus, dia masih belum divaksin.

Hal itu disebabkan banyaknya informasi yang salah tentang vaksin Covid-19, sehingga dia terus bertanya-tanya kebenaran mengenai vaksin.

Setelah menonton video yang dibuat oleh Rice, Draissi yang saat itu sedang berada di Florida langsung membuat janji untuk vaksinasi sekembalinya ke Philadelphia.

Halaman:
Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com