Kompas.com - 16/09/2021, 05:33 WIB
Menu sarapan pagi yang sehat dapat memberikan kita energi yang cukup untuk beraktivitas dan membantu kita agar lebih produktif. SHUTTERSTOCK/RossHelenMenu sarapan pagi yang sehat dapat memberikan kita energi yang cukup untuk beraktivitas dan membantu kita agar lebih produktif.

KOMPAS.com - Menu sarapan pagi yang sehat dapat memberikan kita energi yang cukup untuk beraktivitas dan membantu kita agar lebih produktif.

Sayangnya, masih banyak orang yang melewatkan sarapan pagi. Misalnya, karena bangun kesiangan atau sekadar tidak terbiasa menyantap sarapan pagi.

Manfaat sarapan pagi

Sarapan pagi yang sehat tak hanya menjadi penghilang rasa lapar, tetapi juga memberikan tubuh suplai energi yang optimal dan menyehatkan sehingga organ tubuh dapat bekerja dengan baik.SHUTTERSTOCK Sarapan pagi yang sehat tak hanya menjadi penghilang rasa lapar, tetapi juga memberikan tubuh suplai energi yang optimal dan menyehatkan sehingga organ tubuh dapat bekerja dengan baik.
Laman Kementerian Kesehatan RI menjelaskan manfaat sarapan pagi bagi tubuh. Sarapan pagi tak hanya menjadi penghilang rasa lapar, tetapi juga memberikan tubuh suplai energi yang optimal dan menyehatkan sehingga organ tubuh dapat bekerja dengan baik.

Tanpa stamina yang prima, kita akan sulit berkonsentrasi saat beraktivitas.

Selain itu, buku Sarapan Pagi & Produktivitas (2015) yang ditulis oleh DR dr Edi Hartoyo, SpA(K), Prof DR Qomariyatus Sholihah, Amd hyp, ST, MKes, Rahmi Fauzia, MA, Psi, dan Dwi Nur Rachmah, SPsi, MA juga menyebutkan bahwa sarapan pagi dapat mempertahankan daya tahan saat bekerja, meningkatkan produktivitas kerja, hingga membantu memusatkan pikiran untuk berkegiatan.

Sarapan pagi diharapkan dapat menyediakan kalori untuk digunakan pada dua jam pertama di pagi hari, sebelum waktunya kudapan sehat Pukul 10.00 untuk meningkatkan energi yang mungkin sudah berkurang.

Jumlah sarapan yang disarankan untuk memenuhi jumlah kalori adalah 300-500 kkal.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Sarapan yang Baik Sebaiknya Jam Berapa?

Menu sarapan pagi yang sehat

Menu sarapan pagi yang sehat perlu menyertakan karbohidrat kompleks, serat, protein, dan sedikit lemak. Ini adalah kombinasi sarapan sehat yang memberikan manfaat kesehatan dan membantu kita merasa kenyang selama berjam-jam.FREEPIK/SENIVPETRO Menu sarapan pagi yang sehat perlu menyertakan karbohidrat kompleks, serat, protein, dan sedikit lemak. Ini adalah kombinasi sarapan sehat yang memberikan manfaat kesehatan dan membantu kita merasa kenyang selama berjam-jam.
Seperti apa contoh menu sarapan pagi yang sehat?

Melansir Mayo Clinic, secara umum menu sarapan sehat idealnya meliputi:

  • Biji-bijian utuh. Contohnya seperti roti gandum, atau sereal gandum panas atau dingin.
  • Protein tanpa lemak. Contohnya termasuk telur, daging sapi atau ayam tanpa lemak, hingga kacang-kacangan.
  • Susu rendah lemak. Contohnya termasuk susu, yogurt polos atau rendah gula, dan keju rendah lemak.
  • Buah-buahan dan sayur-sayuran. Contohnya seperti buah potong dan sayuran segar atau beku, jus tanpa tambahan gula, dan smoothie buah dan sayuran.

Kelompok makanan untuk sarapan pagi di atas menyediakan karbohidrat kompleks, serat, protein, dan sedikit lemak. Ini adalah kombinasi sarapan sehat yang memberikan manfaat kesehatan dan membantu kita merasa kenyang selama berjam-jam.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.