Kompas.com - 16/09/2021, 13:54 WIB
Ilustrasi olahraga shutterstockIlustrasi olahraga
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Seiring bertambahnya usia, kita pasti akan mengalami penurunan kualitas kesehatan, terutama kesehatan otak.

Ada begitu banyak penyakit otak yang dapat menyerang orang-orang yang lebih tua (lansia) seperti demensia dan penyakit saraf lainnya termasuk alzheimer, serta parkinson.

Demensia sendiri menjadi penyakit otak yang misterius, progresif dan sampai saat ini belum ada obatnya.

Tetapi, penelitian telah mulai menjelaskan bagaimana risiko pengembangan demensia dapat dikurangi melalui beberapa perubahan gaya hidup sederhana dan dapat dilakukan pada usia berapa pun.

Nah, untuk mengetahuinya lebih lanjut, berikut lima cara sederhana mencegah demensia.

1. Diet yang sehat

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Mengonsumsi makanan yang tidak sehat — tinggi makanan olahan, lemak jenuh, dan gula sederhana — tidak baik untuk bagian tubuh mana pun.

Untuk mendukung kesehatan otak dan jantung, cobalah menerapkan diet mediterania yang berfokus pada buah-buahan, sayuran, biji-bijian, ikan, minyak zaitun, dan kacang-kacangan.

"Diet ini dapat meningkatkan kekuatan otak pada lansia," terang seorang ahli saraf di The Ohio State University Wexner Medical Center, Dr Douglas Scharre.

"Selain itu juga terbukti lebih bermanfaat bagi kesehatan karena mampu mencegah diabetes tipe 2, penyakit jantung, dan stroke, serta mengurangi kelemahan otot pada tulang yang menua," sambung dia.

Baca juga: Perhatikan, 7 Gejala Awal Demensia

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Sumber Eat This
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.