Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hanya 10 Menit Berolahraga Bisa Tingkatkan Fokus dan Fungsi Otak

Kompas.com - 16/09/2021, 14:36 WIB
Ryan Sara Pratiwi,
Wisnubrata

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Tak hanya membuat tubuh kita menjadi lebih sehat, olahraga ternyata mampu meningkatkan suasana hati, konsentrasi, dan banyak aspek fungsi otak kita.

Seorang profesor ilmu saraf dan psikologi di New York University (NYU), Wendy Suzuki, PhD, menuturkan bahwa sesi latihan yang intens di pagi hari dapat memaksimalkan fokus untuk menulis atau melakukan tugas lain.

"Saya selalu merasa lebih siap untuk mengerjakan proyek apapun setelah saya berolahraga pagi," ujar dia.

Seperti halnya dengan meditasi, melakukan olahraga aerobik secara teratur dapat memberikan efek positif yang kuat pada tingkat kecemasan dan depresi.

Sebuah studi juga menunjukkan bahwa olahraga sama efektifnya dengan salah satu antidepresan paling populer dalam mengobati gangguan depresi berat.

Sementara itu, studi lainnya melaporkan bahwa tiga bulan peningkatan latihan aerobik pada orang dewasa mampu meningkatkan volume materi putih atau struktur output dari sel-sel otak yang menyampaikan informasi ke sel-sel hilir.

"Olahraga telah terbukti mengurangi gejala gangguan kecemasan dan mengatasi fungsi saraf yang mendasarinya," kata Wendy.

Baca juga: Manfaat Olahraga Rutin, Bikin Bahagia hingga Menambah Daya Ingat

Bahkan, dia juga mencatat, satu sesi latihan (terutama yang berlangsung setidaknya 30 menit untuk meningkatkan detak jantung) telah terbukti dapat meningkatkan fokus dan perhatian kita.

"Saya pernah mengajar virtual sekelompok mahasiswa baru yang masuk di NYU selama 30 menit dan saya memutuskan untuk membuat pengalaman ini berkesan," terangnya.

"Saya pun meminta mereka untuk berolahraga selama 10 menit, sehingga mereka benar-benar dapat merasakan efeknya pada suasana hati dan fungsi kognitif mereka," lanjut dia.

Pada menit terakhir, Wendy mulai mengukur tingkat kecemasan sekelompok mahasiswa baru tersebut dengan meminta mereka melakukan tes kecemasan yang sangat cepat.

"Dari hasil tes itu, saya menemukan tingkat kecemasan yang tinggi dalam kelompok sebelum latihan, tetapi setelah latihan ada penurunan skor kecemasan sebesar 15 poin," ungkapnya.

"Bagi saya, hal ini menunjukkan bahwa hanya dengan berolahraga selama 10 menit saja sudah dapat memberikan kekuatan dalam hidup kita," imbuh dia.

Baca juga: Berapa Lama Harus Olahraga untuk Kurangi Efek Buruk Rebahan?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com