Kompas.com - 16/09/2021, 21:13 WIB
Ilustrasi putus cinta. PEXELS/IVAN SAMKOVIlustrasi putus cinta.

KOMPAS.com – Meski kita merasa sudah berhasil move-on hingga memiliki pasangan baru, tak jarang kita akan membandingkan pasangan sekarang dengan mantan.

Padahal, hal ini tidak baik untuk dilakukan. Keduanya adalah orang yang berbeda, dan melakukannya bukan hanya menghina pasangan, tapi juga membahayakan hubungan kita sebab jika kita menemui sedikit masalah kita akan merasa si mantan lebih baik.

Sayangnya, banyak orang tidak sadar telah membuat perbandingan antara keduanya. Untuk mengetahui apakah kita hobi membanding-bandingkan mantan dan pasangan baru atau tidak, tengok beberapa tandanya, berikut ini:

Baca juga: 7 Sinyal Mantan Ingin Kembali ke Pelukan

Punya daftar perilaku

Apakah kamu memiliki sebuah checklist bagaimana pasangan harus berperilaku? Misalnya, daftar perilaku mantan yang harus dilakukan pasanganmu saat ini?

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Jika iya, artinya kamu membandingkan mantan dan pasangan. Dan perilaku ini sangat tidak sehat.

Mencoba mengantisipasi reaksi

Sebelum pasangan menjawab atau bereaksi terhadap apa yang kita katakan, kita sudah menduga bagaimana reaksi mereka berdasarkan pengalaman masa lalu.

Jika ini terjadi padamu, hati-hati. Memang, kamu pasti merasa sakit hati karena dikhianati oleh mantan. Namun, tidak berarti bahwa pasangan saat ini akan melakukannya juga.

Belajarlah memberi kepercayaan.

Baca juga: Cara Menghapus Mantan dari Kehidupan Digital Kita

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.